Selama 7 Tahun Berturut Pemkab.Langkat Over Target Pajak PBB-P2 dan PAD Lainya, Bapenda Kembali Over Target PAD Lainya Tahun 2017
09 Februari 2018 - 14:00:25 WIB,    indra - DISKOMINFO

STABAT,  (Diskominfo)

Sudah 7 tahun berturut-turut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat berhasil  

merealisasikan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) lainya melebihi target yang direncanakan (Over Target). 

Hal tersebut disampaikan Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu melalui Sekdakab. Langkat dr. H.Indra Salahudin, MKs, MM, pada acara Penyerahan Piagam Penghargaan Atas Prestasi Pencapaian Target Pajak PBB-P2 dan PAD Lainnya Tahun 2017,  yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kab.Langkat, jum'at (9/2). 

"Pada hari ini kita patut bangga karena sudah 7 tahun berturut-turut penerimaan PBB-P2 dapat direalisasikan melebihi target yang direncanakan . Pencapaian ini adalah bukti kerja keras dan kesungguhan para petugas dalam mengemban tanggung jawab, yang diberikan oleh pemerintah Kab.Langkat, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat," sampainya dalam kata sambutan di acara tersebut.

Lanjut dr.H.Indra menambahkan Pemungutan PBB-P2 dan PAD lainnya, merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab aparat pemerintah, untuk tersedianya dana bagi kemajuan pembangunan fisik Kab.Langkat ini.

"Jadi pantaslah kalau pada hari ini dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan dan hadiah , kepada para petugas abdi negara yang telah berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Terutama kepada para Camat, Kordinator Penagihan pajak kecamatan dan Kepala Desa/Lurah,"ujarnya.

 Namun jangan lupa, Kata Sekda Langkat,  saat ini masih ada sebagian kecil SKPD nya yang belum mencapai target. Maka hal ini harus menjadi evaluasi tim intensifikasi dan ekstensifikasi PBB-P2 dan PAD Pemkab Langkat , untuk menemukan masalah dan memberikan solusi serta sasaran baginya.

"Maka kedepannya , kepada saudara pimpinan SKPD , Camat, Kepala Desa/Lurah,  yang belum berhasil mencapai targetnya. Harus terus intropeksi terhadap kemampuan dalam menjalankan tanggung jawab, dengan sadar dan melakukan evaluasi terhadap kelemahan yang ada,"saranya memeberikan nasehat.

Selanjutnya, Sebut dr.Indra, Pemkab Langkat pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada para wajib pajak  yang telah melaksanakan kewajibannya membayar pajak daerah atau retribusi daerah tepat waktu.

" Kapada wajib pajak yang taat aturan kami atas nama Pemkab menucapakan terimakasih. Kemudian Kepada pimpinan PT.Bank Sumut selaku mitra kerja Pemerintah Daerah , diharapkan agar terus dan tetap melakukan pelayan terbaik , terhadap penerimaan pembayaran pajak dan retribusi daerah khususnya Pajak PBB-P2," imbuhnya mengakhiri.

Penghargaan dan ucapan terima kasih itu pun di sampaikan oleh Ketua DPRD Langkat, Terbit Rencana PA, SE dalam waktu, tepat dan kesempatan yang sama. Selamat bagi SKPD, Camat, 

Kordinator Penagihan pajak kecamatan ,Kepala Desa/ Lurah yang diberi penghargaan dan hadiah.

"Semoga dengan pemberian penghargaan dan hadiah ini, kedepan bisa menjadikan motivasi untuk meningkatkan prestasinya. Kemudian untuk tim intensifikasi dan ekstensifikasi pendapat asli daerah Pemkab Langkat, saya berharap kedapanya  terus senantiasa membuat langkah-langkah baru dan melakukan terobosan untuk menggali potensi-potensi yang ada di wilayah Pemkab Langkat,  yang masih  memungkinkan guna menambah PAD,"sampainya.

Beralih, Kepala Bapenda Kab.Langkat Dra.Sri Muliyani menyampaikan laporannya pada acara tersebut, bahwa besaran target PBB-P2 di pada anggaran tahun 2017 sebesar Rp.15.000.000.000 ( Lima Belas Milliar), sedangkan dapat direalisasikan over target dengan jumlah sebesar Rp.15.098.995.784 (Lima Belas Miliar Sembilan Puluh Delapan Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Lima Ribu Tujuh Ratus Delapan Puluh Empat Rupiah) atau 100,66% dari 23 kecamatan di Kab.Langkat.

"Sedangkan dari 23 kecamatan yang memenuhi target sebanyak 18 kecamatan, yaitu Kecamatan  bahorok, Kutambaru, Salapian, Sirapit, Kuala, Selesai, Binjai, Wampu, Hinai, Padang Tualang, Batang serangan, Sawit Seberang, Brandan Barat, Babalan, Sei Lepan, Pangkalan Susu, Besitang, Pematang Jaya. Sedangkan yang tidak mencapai target hanya 5 kecamatan yaitu Kecamatan Sei.Bingei, Stabat, Tanjung Pura, Secanggang dan Gebang.

Kalau yang untuk tingkat Desa/Kelurahan yang mencapai target PBB-P2 sebanyak 264 dari 226 Desa/Kelurahan," paparnya menjelaskan.

Lanjut, Sri Muliyani, kalau Penerimaan PAD  tahun anggaran 2017 dari pajak daerah dan retribusi daerah serta pendapatan asli daerah lainya ditargetkan sebesar Rp.134.595.233.000 (seratus tiga puluh empat milliar lima ratus sembilan puluh lima juta dua ratus tiga puluh tiga ribu rupiah) dapat terealisasikan dengan over target sebesar Rp.140.262.860.363,09 (seratus empat puluh milliar dua ratus enam puluh dua juta delapan ratus enam puluh ribu tiga ratus enam puluh tiga rupiah koma nol sembilan sen) atau 104.21 %.

"Sedangkan SKPD yang berhasil merealisasi target pengelola PAD ada sebanyak 9 SKPD yaitu,

Badan Pendapatan 112,60 % , Dinas PU dan PR  senilai 117,88%, Rumah Sakit Umum TG.Pura 102,83%, Dinas LH 101,03 %, Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kab.Langkat 134.83%, Bagian Umum dan Perlengkapan 100.00%, Dinas Perdagangan dan Perindustrian 100.00%, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu 112,48%, Dinas Ketenaga Kerjaan 106,11%. Sementara yang tidak dapat merealisasikan target adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Serta Dinas Komunikasi dan Informatika,"Jelasnya.

Sembari menambahkan  penerimaan daerah dari sektor pajak daerah mengalami kenaikan yang cukup signifikan adalah PBB-P2 , dimana pada tahun anggaran 2018  kenaikan ya sebesar Rp.17.000.000.000 Miliar, jadi penerimaan ini mengalami kenaikan Rp.2.000.000.000 Milliar atau setara dengan 13.33%.

Turut hadir dalam dalam acara tersebut, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat, Baznas Prov. SUMUT, Para Pejabat Eselon II, Para kepala SKPD salah satunya Kadis Kominfo Syahmadi S.Sos, M.SP, Kakan Pelayanan Pajak Pratama Binjai, Dirut Pt.Bank Sumut, Pimpinan Pt.Bank Sumut Cabang Stabat, Para Camat Se- Kab.Langkat, Para Kades/Lurah Se-Kecamatan Stabat, Kordinator Penagihan Pajak Kecamatan Se-Kabupaten Langkat, Rekan-Rekan Pers, Serta para tamu undangan Lainya.  (Diskominfo)