Terus Galakan Pembinaan Bagi BPD Terpilih Priode 2018-2024 “Upaya H Ngogesa Memajukan Masyarakat Desa, Agar Tercapainnya Nawa Cita”
08 November 2018 - 16:34:49 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Bapak H. Ngogesa Sitepu, SH., didampingi Sekdakab. Langkat Bapak dr. H. Indra Salahudin, M. Kes, MM., kembali melakukan pembinaan kepada BPD se-Langkat Hilir, bertempat di GOR Stabat, Setelah sebelumnya Bupati Langkat telah melakukan pembinaan kepada BPD se-Langkat Hulu, bertempat di Lapangan Bola Kaki Polsek Kuala. Upaya Bupati Langkat memajukan Masyarakat Desa, Agar Tercapainnya Nawa Cita, Sebab BPD memiliki fungsi strategis dalam pembangunan Desa, yaitu menampung aspirasi masyarakat serta mengembangkan potensi yang ada pada Desa bersama Kepala Desa. Adapun anggota BPD terpilih se-Langkat Hilir yang diambil sumpah/janjinya berjumlah 639 orang, dengan rincian BPD keterwakilan perempuan sebanyak 89 orang dan BPD keterwakilan Dapil sebanyak 550 orang. Selanjutnya, Bupati Langkat juga akan melakukan pembinaan BPD se Teluk Aru, pada Senin (12/11). Pembinaan itu semua, dilaksanakan pada acara peresmian dan pengambilan sumpah/janji BPD terpilih priode 2018-2024.

Pada kesempatan acara kali ini, ada kejutan, yaitu hadiah umroh dari Bupati terpilih Bapak Terbit Rencana, PA, SE., yang diberikan kepada 8 orang bilal mayit dan penggali kubur, dari perwakilan 8 Kecamatan yaitu Stabat, Secanggang, Hinai, Tanjung Pura, Wampu, Batang Serangan dan Sawit Sebrang. Mereka yang terpilih atas rekomendasi dari Kades dengan kriteria paling lama menjalankan pengadiannya kepada masyarakat. Turut hadir Unsur Forkopimda Langkat, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD Pemkab. Langkat, Ketua KNPI Kab. Langkat, para Camat dan Unsur Forkopim se-Langkat Hilir, Kades dan anggota BPD Priode 2018-2024 se-Langkat Hilir.

Pada bimbingan dan arahannya Bupati Langkat menjelaskan menjelaskan, BPD dan Kades sama-sama memiliki fungsi strategis dalam menyiapkan kebijakan Pemerintahan Desa, untuk itu keduanya harus mempunyai visi dan misi yang sejalan, sehingga tidak ada niat untuk saling menjatuhkan. Harus saling menguatkan dan saling melengkapi, sehingga pembangunan di Desanya cepat terlaksana. Selanjutnya Bupati Langkat menegaskan, BPD dan Kades harus benar-benar serius untuk memajukan Desanya, sebab saat ini Desa telah memiliki anggaran dan fasilitas yang memadai, baik bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah, hal ini agar tujuan nawacita segera tercapai dan terlaksana. Nawa cita adalah program Presiden Bapak Joko Widodo, yang salah satu programnya, melakukan pemerataan pembangunan melalui daerah pinggiran atau pelosok, seperti Desa.
 
Kemudian Bupati Langkat mengucapakan terimakasih kepada BPD priode 2012-2018 atas darma baktinya dan kerja kerasnya selama ini dalam membangun Desa dan kepada seluruh Pemerintah Desa dan panitia pengisian BPD priode 2018-2024. Serta mengucapkan selamat kepada seluruh BPD priode 2018-2024 terpilih yang telah diambil sumpah janjinya. Masyarakat telah memberikan kepercayaannya kepada Bapak/Ibu semuanya, sebagai wakil mereka di Desa, untuk itu jagalah kepercayaan itu, dengan menjalankan tugas dengan amanah, sesuai dengan kewenangan dan fungsinya. Perlu diingat, amanah ini akan  dipertanggung jawabankan didunia dan diakhirat. (08/11/2018)(Diskominfo)