Langkat Peringati HKN Ke-54, Bupati Langkat : Momentum Mewujudkan Masyarakat Berprilaku Hidup Sehat
12 November 2018 - 16:12:24 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat ,(Diskominfo)

Mari kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam mencapai derejat kesehatan yang setinggi-tingginya, di momentum peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)  ini, yang dimulai dari diri sendiri.

Sambutan Mentri Kesehatan RI pada peringatan HKN ke -54, disampaikan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH, saat memimpin apel gabungan ASN di jajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati, Stabat, Senin (12/11).

Selanjutnya Bupati Langkat menyampaikan, peringatan HKN ini  mengangkat tema ‘aku cinta sehat’ dengan sub tema ‘ ayo hidup sehat’,  tema tersebut diangkat sebab sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Sebab Germas adalah program presiden Joko Widodo, yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berprilaku hidup sehat. Semoga dengan program Germas ini pembangunan kesehatan bangsa ini, terus mengalami kemajuan,”terangnya.

Untuk itu, sambung Bupati,  diharapkan agar insan kesehatan, baik dijajaran kementrian kesehatan maupun tingkat daerah, agar menjadikan peringatan HKN ini,  sebagai momentum untuk mereflesikan kembali, sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilakasanakan.

“Serta melihat sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur lintas sektor dalam melaksanakan pembangunan kesehatan,”pungkasnya.

Karena, kata Bupati, Germas mengajak kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat, yang akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

“Maka dalam upaya ini, Puskesmas dan tenaga kesehatan didalamnya, harus mampu mengambil peran mencerdaskan  masyarakat, untuk hidup sehat secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku hidup bersih dan sehat,”imbuhnya.

Sembari mmemberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan ini. Serta mengajak untuk mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan dan meneladani semangat dan pengabdiannya.

Selepas apel tersebut, Bupati Langkat juga melaksanakan, pemberian penghargaan berupa piagam dan hadiah, kepada petugas pajak, yang telah berhasil merealisasikan target PBB sektor perdesaan/perkotaan, sebelum jatuh tempo. Sebanyak 9 kecamatan, yaitu kecamatan Pematang Jaya, Sawit Sebrang, Salapian, Batang Serangan, Hinai, Kutam Baru, Serapit, Kuala Dan Binjai.

Selain itu, Bupati Langkat juga melakukan penandatangan prasasti telah selesainya renovasi 6 puskesmas di Langkat, penyerahan simbolis  ambulance kepada Kadis kesehatan, serta penyerahan piagam penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan, puskesmas ramah anak tingkat nasional dan kepada  puskemas terakreditasi.(Diskominfo)