FGD Rancangan Teknokratik RPJMD 2019-2024, Resmi Digelar “Rancangan Harus Disuaikan Visi Dan Misi Bupati Langkat Terpilih”
05 Desember 2018 - 16:47:43 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, secara langsung membuka acara Forum Grub Discussion (FGD) rancangan teknokratik RPJMD tahun 2019-2024, dalam rangka merumuskan permasalahan dan isu – isu strategis daerah, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Rabu (5/12).

Sekda saat menyampaikan sambutan teks terlulis Bupati Langkat, mengajak  kepada semua pihak yang terlibat ada forum grub discussion ini, untuk aktif berkontribusi dalam penyusunan dokumen perencanaan teknokratik Rencana Pembangunan Jangka menenga Daerah (RPJMD), dengan memperhatikan waktu serta validitas data, serta ke update nya dan mampu mengidentifikasi permasalahan, sesuai dengan data yang dirumuskan untuk menjawab persoalan yang ada.

“Selain itu, harus mencermati dan memahami dengan  sebaik – baiknya visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Langkat terpilih, dalam meranjang dan merumuskan RPJMD nya,”terangnya.

Selanjutnya Sekda mengingatkan, bahwa informasi data yang termuat dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), sangat dibutuhkan dalam penyusunan RPJMD.  Untuk itu kepada seluruh kepala OPD Pemkab Langkat, agar menyiapkan data yang aktual, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan, dengan pelaksanaan yang  transfaran, akuntabel dan melibatkan  masyarakat (stakeholder) disemua putusan tahap perencanaan,  karena hal itu akan menjadi dasar pengambilan kebijakan pimpinan.

“Pada penyusunannya, kepala OPD juga harus memahami isu strategis nasional, provinsi dan daerah yang berkaitan dengan bidangnya, untuk merencanakan tujuan , sasaran , arah kebijakan program dan kegiata serta target capaiannya,”tegasnya.

Sebab RPJMD jika dilihat pada sisi lain, sambung Sekda, juga merupakan dasar perangkta daerah, untuk menyusun Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah selama 5 priode kedepan, yang akan dijabarkan dalam Rencana Kerja (Renja), untuk kurun waktu 1 tahun.

Kepala Bapeda Langkat H, Sujarno Ssos MSi pada laporannya, menerangkan, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini, untuk meningkatkan koordinasi permasalahan dan isu -isu strategis daerah, sesuai  dengan Permendagri No 86 tahun 2017, serta mesinkronisasikan data SIPD yang telah diinputkan pada aplikasi, untuk dijadikan gambaran umum kondisi daerah pada RPJMD 2019-2024.

“Tujuanya juga agar tersusunnya rancangan teknologi RPJMD yang tepat waktu,”imbuhnya.

Peserta FGD ini, kata Sujarno,  dari seluruh OPD se Langkat, dengan menghadirkan pimpinan OPD beserta 1 orang staf yang mempunyai kedudukan pada level eselon III untuk perencanaan, serta para Camat se Langkat.

“Dihadirkannya Camat, untuk memberikan pemahaman dalam merumuskan sistem perencanaan pembangunan daerah,”sebutnya.

Turut hadir Wakil Bupati Langkat terpilih H. Syah Afandin, SH , serta sebagai nara sumber dari Bapeda Provsu Otavia Siska Yanti SH dan dari UINSU Dr Zulham SH MHum.(Diskominfo)