Peringatan HN tahun 2018 Tingkat Provsu, Dilaksanakan Di Langkat , Gubsu Edy : Mari Bersatu Untuk Mengelola Wilayah Kelautan Negara Dalam Wadah NKRI
28 Desember 2018 - 16:00:34 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi secara langsung memimpin upacara peringatan Hari Nusantara (HN) ke 19 tingkat provinsi Sumatera Utara  tahun 2018, bertempat di Dermaga Pertamina Pangkalan Brandan Kabupaten Langkat, Jum’at (28/12).

Gubsu Edy saat bertindak sebagai Irup, menyampaikan sambutan Mentri Dalam Negri (Mendagri) RI selaku ketua panitia HN, bahwa peringatan HN ini diselengarakan sebagai bentuk perjuangan bangsa Indonesia  untuk mewujudkan NKRI  sebagai negara kepulauan,  yang pertama kali tercetus melalui Deklarasi Djoeanda pada 13 desember 1957, dimana deklarasi ini mendasari perjuangan bangsa Indonesia untuk menjadi rezim negara kepulauan.

“Hal ini selaras dengan tema HN kali ini yang berbunyi ‘perwujudan kesatuan nusantara yang utuh melalui deklarasi Juanda menuju poros maritin dunia’ ,”terangnya.

Selanjutnya, Edy menegaskan,  bahwa salah satu cara agar membuat laut Indonesia  kembali berjaya adalah dengan mengatasi segala polusi dan pencemaran yang mengacam dan merusak kualitas sumber daya laut Indonesia. Untuk itu diperlukan perhatian khusus antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta melibatkan masyarakat dan dunia usaha.

“Baik secara langsung  dan tidak langsung, semuanya  harus memiliki rasa untuk peduli dan menjaga  terhadap sumber daya laut dan maritin di wilayahnya,”tegasnya.

Mantan Pangkostrad itu pun, mengajak untuk menjadikan momentum HN pada 2018 ini, mempertebal semangat kebangsaan , persatuan dan kebersamaan  ditengah kebhinekaan,  dengan tetap melaksanakan pembangunan nusantara. Guna meningkatkan kerjasama dalam mengelola wilayah kelautan  negara dalam wadah NKRI,  serta upaya  mendorong  masyarakat Indonesia untuk memahami arti penting Wawasan Nusantara.

“Sebab pembangunan kelautan akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat  serta bangsa dan negara, ”pungkasnya.

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH yang diwakili Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM,  selepas  upacara HN, mengucapkan terimahkasih atas arahan dan bimbingan Gubsu, dirinya meyakini dengan nasehat Gubsu, pastinya akan lebih meningkatkan pelestarian kelautan diwilayah Kabupaten Langkat.

Pada kesempatan itu, Sekda juga menyampaikan bantuan dari Pemkab Langkat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Langkat, dibidang perikanan budidaya, kepada kelompok nelayan kabupaten Langkat.

“Harapannya dengan bantuan ini, dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan Langkat,”sebutnya.

Adapun bantuan diberikan, papar Sekada, kepada kelompok nelayan Lapak Karya Desa Suka Damai Kec Hinai, berupa prasarana perikanan yaitu mesin pompa air Uk 3” 1 unit, mesim popmpa air 1 unit, keranjang plastik (Tak) 1 buah, kereta sorong 1 buah. Kelopok Nelayan Lele Boster Desa Cempa Kec Hinai, berupa induk ikan unggul jenis lele jantan 5 ekor dan betina 10 ekor, pesantern Al Habib Kel Alur Dua Baru Ke Sei Lepan berupa bibit Ikan unggul jenis  nila 10 ribu ekor dan pakan ikan 20 kg, Kurnia Laut Desa Sei Siur Kec Pangkalan Susu berupa benur udang vaname 400 ribu ekor dan pakan udang 400 kg, Karya Bersama Kel Perdamaian Kec Stabat berupa induk ikan unggul jenis lele jantan 5 ekor dan betina 10 ekor serta nila jantan 100 ekor dan betina 300 ekor, SMA N 1 Brandan Barat Kel Tangkahan Durian Kec Berandan Barat berupa bibit ikan unggul jenis ikan bandeng 6500 ekor dan pakan ikan 25 kg.

“Saya juga mengucapakan terimakasih kepada beberapa Pemerintah daerah di wilayah Sumut lainnya, yang juga telah memberikan bantuan kepada nelayan Langkat,pada kesempatan ini,”katanya.(Diskominfo)