Bupati Langkat Membuka Kegiatan Karya Bakti TNI “Kegiatan Ini Membantu Memajukan Negri Bertuah”
18 Maret 2019 - 17:29:27 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA membuka sekaligus memimpin upacara, pembukaan Karya Bakti TNI  tahun 2019, yang diselenggarakan oleh Kodim 0203/Langkat, di Desa Pangkalan Siata Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Senin (18/3).

Pembukaan ditandai dengan penandatanganan penyerahan pekerjaan Karya Bakti TNI oleh Bupati Langkat dan Dandim 0203/Langkat, Letkol Infantri Syamsul Alam SE. Serta penyerahan alat kerja secara simbolis oleh Bupati Langkat kepada satu personil TNI dan dua orang masyarakat Desa.

Bupati Langkat pada amanatnya, menilai, kegiatan ini sangat membantu Pemkab Langkat, dalam memajukan negri bertuah, serta  sebagai bukti kepedulian TNI kepada rakyat, sesuai dengan selogan TNI lahir dari rakyat,  oleh rakyat dan untuk rakyat. Karena dalam menjaga keutuhan NKRI, TNI dan rakyat senantiasa saling melengkapi dan saling menguatkan.

“Atas terlaksananya kegitan ini, saya secara peribadi dan kedinasan mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada satuan Kodim 0203/Langkat serta kepada pihak terkait,”sebutnya,

Selanjutnya, Bupati Langkat, menerangkan kegiatan karya bakti ini, telah memprogramkan membangun  sasaran fisik maupun non fisik.  Hal ini dinilai, memberikan manfaat dan akses yang maksimal bagi kemajuan desa ini, apalagi sebelumnya  kawasan ini dalam kategori desa terisolir.

“Untuk itu marilah kita semua memberikan dukungan atas kegiatan karya bakti TNI Kodim 0203/Langkat, dengan melibatkan diri  untuk berfartisifasi, sebagai wujud tanggung jawab kepada bangsa dan negara,”ajaknya.

Bupati Langkat pada kesempatan itu, memberikan 3 pesan harapan, yaitu, pertama jadikan kerja bersama dalam karya bakti TNI ini, sebagai dasar pemersatu diantara kita dari berbagai komponen kekuatan, dengan melestarikan nilai semangat ke-gotong royongan. Kedua, bangkitkan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat, selalu berbuat dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Ketiga,  tumbuh kembangkan sikap nasionalisme dan semangat bela negara di jiwa setiap kita rakyat Indonesia.

Dandim 0203/Langkat, Letkol Infantri Syamsul Alam SE, pada kesempat itu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat serta pihak terkait lainnya, atas bantuannya sehingga karya bakti TNI ini bisa berjalan dengan mestinya.

Selanjutnya Kodim menjelaskan, kegiatan ini membangun fisik dan non fisik, untuk fisik pekerjaan pembantukan , pelebaran dan pengerasan badan jalan  sepanjang 9.500 m X 6 m di Desa Pangkalan Siata, serta  perehapan masjid Nurul Iman, masjid Al-Ihklas, masjid Nurul Hidayah, Gereja HKBP, Gereja GKPI, Gereja GPP, Mushola Nurul Huda.

“Kemudian pembuatan jembatan sebanyak 7 unit ukuran 6 m X 4,5 m, rehab lantai jembatan sebanyak 2 unit ukuran 5 m X 3 m, pembuatan gorong – gorong sebanyak 9 unit ukuran 5 m x 2 m, pembuatan pos kamling sebanyak 3 unit ukuran 3 m X 2 m,”paparnya.

Sedangkan non fisik, sambung Kodim, penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, penyuluan hukum, narkoba dan Kamtibmas, pelayanan KB dan pengobatan umum gratis.

Sedangkan personil yang terlibat, kata Kodim,  panita 9 orang, pelaku/peserta 83 orang, pendukung 8 orang, Pemda 20 orang, aparat Polri 3 orang, masyarakat 150 orang, jumlah 273 orang.

“Untuk sumber dana bersala dari swakelola  dengan Pemkab Langkat sebesar Rp 2.545.000.000,-,”terangnya.

Untuk dasar  kegiatan ini, sebut Kodim, surat telegram Danrem 022/PT No ST/708/2014 tanggal 20 agustus 2014 tentang perintah merencanakan kegiatan  karya bakti TNI skala besar TA 2015 sampai 2019, serta  program kerja Kodim 0203/Lkt TA 2019 bidang teritorial khususnya karya bakti TNI,  pelaksanaan kegiatan ini, dari 18 maret sampai 30 april 2019,

Pada kegiatan itu, Bupati Langkat bersama wakil Bupati Langkat H Syah Afandin SH, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, Dandim 0203/Langkat, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, sejumlah anggota DPRD Langkat,  Para Komandan Satuan dan pejabat sipil, TNI / POLRI, tokoh masyarakat, tokoh adat dan pemuka agama, serta para kepada OPD Pemkab Langkat, Camat Pangkalan Susu,  pelajar, serta seluruh peserta upacara dan masyarakat lainnya.(Diskominfo)