JELANG LEBARAN, PEMKAB. LANGKAT TINJAU KETERSEDIAAN PASOKAN DAN HARGA BAHAN PANGAN POKOK
08 Juli 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Jelang Lebaran Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Kab.Langkat  melakukan peninjauan  harga pangan pokok dan ketersediaan pasokan. ke beberapa pasar tradisional yang ada di Langkat.

 

Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) mengawali kunjungan peninjauannya ke Pasar tradisional Kecamatan Babalan Rabu (8/7). Dipimpin Sekretaris #--more--#TPID  H.Sutrisuanto, yang juga  Kabag Perekonomian didampingi Ibrahim.dari Dinas Pertenakan, Syahrudin dari dinas Pertanian, Syahrul Efendi Dinas Perindak, Kodir Diskanla, Sukiman Bagian Humas, Abd.Halim dari Bagian Ekon,  mengamati langsung bagaimana perkembangan yang terjadi di pasar, salah satunya perkembangan harga bahan pokok beserta ketersedian pasokan.

 

Kemudian, Kamis, (9/7). Tim TPID kembali mengadakan peninjauan harga bahan pokok di Pasar Tradisional  Kec.Kuala, kali ini, Staff Ahli Bidang Ekonomi Langkat Ir. Washington Ginting yang bertindak sebagai pimpinan operasi pasar tersebut. Ketika dikonfirmasi, Washington mengatakan operasi ini berdasarkan surat perintah Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH nomor 431/SP/Ekon/2015 yang memerintahkan sejumlah SKPD yang tergabung dalam TPID Kab.Langkat agar melakukan antisipasi produksi, ketersedian bahan pasokan dan kelancaran bahan pangan pokok di Kab. Langkat dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1436 H.

 

Washington menambahkan, seluruh pasar-pasar tradisional lainnya juga akan di pantau agar kenyamanan masyarakat menjelang lebaran Idul Fitri dapat terus terjaga.

 

Selama berada di pasar tradisonal Kuala tersebut, Washington bersama rombongan lainnya mengamati langsung sejauh mana perkembangan yang terjadi di pasar, salah satunya perkembangan harga bahan pokok beserta ketersediannya.

 

Dari pengamatan, tim dari dua pasar tradisional yang dikujungi menemukan beberapa harga bahan pokok masih dalam keadaan stabil, Contohnya, Beras Rp. 9.000, Gula Pasir Rp. 11.500,, Tepung Terigu Rp. 7.000, Daging Ayam Boiler Rp. 20.000, Cabe Merah Rp. 18.000, Bawang Merah Rp. 25.000. Daging Murni bekisar  Rp. 100.000 dan Rp. 110.000,-

 

“Dan beberapa diantaranya ada yang mengalami kenaikan, tapi tidak ada yang mengalami kenaikan secara signifikan” kata Washington.

 

Sedangkan permasalahan ketersedian bahan pokok, Washington menyampaikan bahwa Langkat masih aman ketersedian bahan pokok sampai lebaran Idul Fitri.

 

Selanjutnya, sesuai perintah Bupati, Washington menyebutkan bahwa peninjauan  pasar akan terus dilakukan Pemkab. Langkat sampai dengan Lebaran Idul Fitri Usai, dengan harapan momentum Lebaran tahun ini dapat memberikan keuntungan kedua belah pihak yang berkepentingan dipasar, yakni penjual dan pembeli. “ ujarnya,

 

"Biasanya yang dialami masyarakat menjelang Min 2 Lebaran terkait stabilitas harga bahan pangan pokok dapat berubah jadi ini merupakan hal yang biasa” kata Washington.  (Humas/Informasi)