TIM PENILAI DESA TERBAIK PROVSU KUNJUNGI DESA PEMATANG SERAI TANJUNG PURA
17 Juni 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Tim penilai Desa Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin oleh Bobby Darmansyah dari Bappemnas Provsu kunjungi Desa Pematang Serai Kecamatan Tanjung Pura, Rabu (17/6).

 

Kedatangan tim penilai tersebut disambut Wakil Bupati Langkat H. Sulistianto mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH bersama dengan Kepala Badan PMDK Jaya Sitepu dan Wakil Ketua TP. PKK Langkat Ny. Hj. Edi Warsah beserta anggota dan #--more--#sejumlah SKPD dijajaran Pemkab.Langkat, Camat Tanjung Pura Suriyanto.

 

Wabup. H. Sulistianto menyambut baik kedatangan Tim penilai, baginya, ini merupakan satu apresiasi bagi masyarakat Langkat karena desa-desanya layak menjadi desa terbaik di Sumut.

 

Seperti diketahui sebelumnya, Desa Pematang Serai terpilih mewakili Langkat setelah menjadi juara pada perlombaan Desa Terbaik Tingkat Kabupaten , “karenanya, besar harapan Langkat tergantung pada semangat masyarakat Desa Pematang Serai mendukung keikutsertaan desa tersebut” kata Sulis.

 

Sulis menambahkan, kemenangan bukan poin utama dalam keberhasilan, namun, semangat kebersamaan menuju keberhasilan itu yang diharapkan. “Untuk itu, semua pihak diharapkan mendukung majunya Desa Pematang Serai maju menjadi peserta, agar seluruh desa lainnya di Langkat termotivasi menuju desa terbaik berikutnya” ujar Sulis.

 

Sementara itu Ketua tim Darmansyah menilai bahwa Desa Pematang Serai layak menjadi nominasi desa terbaik tingkat Provsu. Menurutnya, masyarakat Desa tersebut telah berhasil merubah paradigma bahwa desa bukan lagi daerah terkecil dalam sistem pemerintahan, melainkan bagian paling depan, “oleh karena itu, semangat masyarakat Desa Pematang Serai dalam mendukung dan berpartisipasi dalam keberhasilan membangun Desa layak diberikan apresiasi berupa penghargaan” kata Bobby.

 

Karena itu, Boby berharap Desa Pematang Serai menyiapkan diri semaksimal mungkin dalam mengikuti lomba agar menjadi juara pada perlombaan desa terbaik tingkat Provsu.

 

Kaban PMDK Jaya Sitepu mengatakan perlombaan desa terbaik sebenarnya bukan semata-mata untuk mencari desa terbaik, namun lomba tersebut akan memacu dan mempercepat pembangun desa sekaligus memacu masyarakat menemukan dan mengenali permasalahan desa serta mengetahui alternative pemecahannya seraya membuat profil desa sebagai gambaran potret perkembangan desa.

 

Setelah mengunjungi Langkat, rombongan Tim Penilai Desa akan menuju desa lainnya di setiap Kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, setalah proses penilaian di seluruh Kabupaten/kota selesai, satu dari desa terbaik akan terpilih menjadi desa terbaik di Sumut dan akan mewakili Sumut di pentas perlombaan Desa Terbaik Tingkat Nasional.

 

Rangkaian acara dilaksanakan Tim Penilai diantaranya,mendengarkan  Expose yang disampaikan oleh Kepala desa Pematang Serai Rahmatsyah  dan expose Ketua TP-PKK Desa Ny. Rahmatsyah serta peninjauaan  ke stand-stand pameran yang diolah masyarakat desa setempat bersama dengan unsur desa lainnya, berupa produk home industri dan tanaman pekarangan masayrakat desa Pematang Serai.  (Humas/Informasi)