PERINGATAN HUT RI KE - 70 DI LANGKAT BERLANGSUNG MERIAH, NGOGESA BERTINDAK SEBAGAI INSPEKTUR UPACARA, TERBIT RENCANA BACAKAN TEKS PROKLAMASI
17 Agustus 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT) ke -70 di Kabupaten Langkat berjalan lancar dan meriah.

 

Hal tersebut di warnai dengan  ribuan orang antusias mengikuti jalanannya upacara bendera dimaksud, seperti seluruh unsur Forum  Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Wabup, Langkat H. Sulistianto, Sekda H. Indra, seluruh kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat. peserta upacara terdiri dari,Unsur #--more--#TNI/Polri, Korpri,  Organisasi Kemasyarakatan, para veteran juang, tokoh masyarakat/pemuda, dan para siswa juga terlihat mengikuti upacara tersebut.

 

Yang paling membanggakan pada peringatan HUT RI ke-70  di Langkat tahun ini, para siswa terlihat bersemangat mengikuti upacara, itu bukti bahwa pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa yang diharapkan bangsa masih mempunyai semangat yang tinggi untuk bangsa ini.

 

Saat berlangsungnya upacara, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang bertindak sebagai Inspektur upacara dan Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana Perangin-angi, SE bertindak sebagai pembaca teks proklamasi.

 

Sedangkan, Kapten Inf. Syamsul Huda dari Yon 100/Raider bertindak sebagai komandan upacara. Saat ditanya usai pelaksanaan Upacara, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu menjelaskan bahwa peringatan HUT RI ke 70 di Langkat mengalami peningkatan, pandangan saya tertuju pada semangat peserta upacara.

 

“Bukan hanya para pejabat di Langkat, masyarakat juga antusias mengikuti jalanan upacara, inilah yang saya harapkan berbaur menjadi satu dalam konteks Kemerdekaan Indonesia milik seluruh masyarakat Indonesia” kata Ngogesa.

 

Selain itu, Ngogesa juga menyampaikan pesan kepada seluruh masyarakat Langkat bahwa 17 Agustus 1945 silam adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, lewat semangat para pejuang berkorban, mereka mampu mempersembahkan kado terindah untuk bangsa Indonesia yaitu Kemerdekaan.

 

“Karena itu, jangan pernah bertanya, apa yang diberikan Negara ini kepada kita, tapi Tanyakan apakah yang sudah kita berikan untuk Negara” pesan Ngogesa kepada seluruh masyarakat.

 

Ragam Kegiatan

Sementara itu, Peringatan HUT RI ke – 70 di Langkat tahun ini diwarnai beragam kegiatan, dimulai dari apel kehormatan dan Renungan Suci dimakam Pahlawan Pangkalan Berandan, dilanjutkan dengan pemberian tali kasih secara simbolis kepada 8 veteran juang RI asal Langkat, yakni Wakimin, Yatiman, Ramidi, Ratimah, Saniah, Meising Barus, M.Idrus dan Arifin Ahmad yang diberikan pada puncak upacara peringatan  HUT RI ke-70.

 

Kemudian, pagi hari sebelum peringatan puncak HUT RI ke-70 di Alun-alun T. Amir Hamzah, seluruh Forkopimda bertindak sebagai Pembina Upacara di beberapa sekolah yang ada di Langkat, Bupati Langkat H. Ngogesa menjadi Pembina Upacara di sekolah MTsN Stabat, Wabup H. Sulistianto di SMPN 1 Stabat, Ketua DPRD Langkat di SMPN 5 Stabat, Dandim 0203 Langkat di SMK N 1 Stabat, Kapolres Langkat di SMA N 1 Stabat, Kajari Stabat di Ponpes Ulumul Qur’an, Ketua Pengadilan Agama di SMK Harapan Stabat, dan Sekda di MAN Stabat.

 

Dilanjutkan dengan  Pawai Karnaval kepada seluruh peserta upacara, dilanjutkan dengan Atraksi Gajah yang dilaksanakan di alun-alun T.Amir Hamzah, kemudian  Yon 11 Arhanud akan mempertunjukan permainan  Drum Bandnya, yang membuat Alun-alun T. Amir Hamzah  membludak dikunjungi masyarakat sampai pada menjelang upacara Penurunan Bendera, ribuan bahkan ratusan ribu masyarakat Langkat hadir langsung menyaksikan kegiatan tersebut.

 

Pada malam harinya, dilaksanakan acara puncak Resepsi Kenegaraan sekaligus  pemulangan kepada petugas Paskibraka tahun 2015 Kab. Langkat, sekaligus menutup rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke – 70 di Kabupaten Langkat.  (Humas/Informasi)