TP. PKK LANGKAT KERJASAMA SELENGGARAKAN KEGIATAN IVA
21 April 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Tim Penggerak PKK Kabupaten Langkat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Inspeksi Visual Acetat (IVA) di aula Akademi Kesehatan Langkat, Selasa (21/4).

 

Kegiatan tersebut tindak lanjut dari surat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Utara yang menghimbau seluruh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota bekerjasama dengan TP. PKK Langkat  untuk melaksanakan Program Nasional Gerakan #--more--#Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan.

 

Disamping itu, kegiatan bertujuan untuk mengetahui Penyakit Tidak Menular (PTM) yang menderita para perempuan, sehingga nantinya akan ada proses pencegahan sesegera mungkin.

 

Ketua TP. PKK Kab. Langkat Ny. Hj. Nurraida Ngogesa mengatakan dengan adanya kegiatan ini, tingkat kesehatan di Kabupaten Langkat akan semakin lebih baik lagi kedepannya, Nurraida juga berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para perempuan” kata Hj. Nurraida.

 

Senada dengan Hj. Nurraida, Kadis Kesehatan Langkat juga mengungkapkan optimisnya program Gerakan Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan tersebut, “bagi saya, jika pencegahan secara dini dirasa mampu menigkatkan taraf kesehatan masyarakat, sehingga ketakutan yang diderita para perempuan akibat penyakit kanker tersebut, dapat sedikit teratasi dengan program pencegahan tersebut.

 

Sementara itu, masyarakat Langkat menyambut baik kegiatan tersebut, terbukti 100 perempuan Langkat dari 3 Kecamatan yakni Stabat, Binjai dan Hinai berpartisipasi mengikuti kegiatan, dengan tim medis terdiri dari Dr. Miranda, Dr. Sri Wahyuni, Dr. Wetty dan Dr. Desrawati, selanjutnya, hasil inspeksi Visual Asetat yang didapat dari para pasien akan dilaporkan ke Dinkes Provsu.

 

Selain Kab. Langkat, kegiatan juga dilaksanakan serentak dikota lain yang pada sebelumnya didahului Telekonference Ibu Negera dengan beberapa kepala Puskesmas, ketua TP. PKK serta pasien yang melakukan inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Selasa (21/4) pagi hari.  (Humas/Informasi)