226 BAKAL CALON KADES IKUTI UJIAN SELEKSI
12 Oktober 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Sebagai langkah untuk menduduki jabatan Kepala Desa yang baik dan memiliki pemahaman tinggi tentang Undang-undang Desa, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan ( BPMDK) melakukan ujian bagi para Bakal Calon Kepala Desa yang akan mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 18 November mendatang.

 

Ujian diadakan digedung PKK Langkat, Senin s/d #--more--#selasa  (12-13/10) yang  dibuka oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang diwakili Assiten 1 Adm. Pemerintahan Drs. Abdul Karim MAP.

 

Sebanyak 226 bakal calon Kades tersebut berasal dari 64 Desa yang ada di Kabupaten Langkat yang telah mengikuti ujian tersebut, ujian berupa ujian tertulis dan  wawancara. Serta istri dan suami bakal calon juga turut diberikan wawancara.

 

Abdul Karim bersama Kaban PMDK Drs. Jaya Sitepu.beserta sejumlah Tim Peniliai dan Staf di Badan PMDK Langkat melakukan penilaian secara objektif pada kegiatan tersebut, 

 

Assiten I Adm. Pemerintahan Drs. Abdul Karim mengungkapkan, sejauh ini, target Bupati Langkat H. Ngogesa adalah pelaksanaan birokrasi yang baik dan disiplin, karenanya, ujian ini penting diikuti oleh para bakal calon Kades, sehingga setelah mengikuti ujian seleksi ini, mereka menyadari bahwa birokrasi di Desa juga penting mengingat desa saat ini adalah barometer kemajuan di Negara kita.

 

Selain itu, Karim juga mengatakan bahwa kelayakan seorang bakal Calon Kades akan terlihat dari ujian ini, untuk itu, diharapkan ujian ini menjadi momentum bagi para calon Kades meningkatkan pemahaman tentang Undang-undang desa.

 

“Jangan setelah menjadi Kades baru belajar, usahakan sebelum menjadi Kades sudah mempelajari dan memahami, sehingga target Pemerintah Daerah dan pusat tentang desa yang maju akan terpenuhi dengan kepemimpinan Kades yang baik” harap Karim.

 

Sementara itu, Kaban PMDK Drs. Jaya Sitepu melaporkan bahwa total keseluruhan Bakal Calon Kades di Langkat ada 227 orang, tapi pada kegiatan tersebut, 1 orang tidak hadir mengikuti ujian seleksi tersebut atas nama H.Rizky Aulandika Lubis dari Bakal calon kepala Desa Musam Pembangunan Kecamatan Bahorok dengan nomor ujian 004.

 

“Selanjutnya, setelah ujian ini, rakyatlah yang menjadi penentu bagi mereka untuk jadi Kades” kata Jaya

 

Jalannya pelaksanaan Ujian seleksi Bakal calon Kades tersebut diawasi aparat Kepolisian dari Polres Langkat yang hari pertama Senin (12/10) langsung dipantau oleh Kapolres Langkat AKBP Dwi Asmoro,SIK,MSi dan Sekdakab Langkat dr H. Indra Salahudin, Mkes, MM ke lokasi ujian  yang disambut oleh Asisten I Pemerintahan Abdul Karim, Kaban PMDK Drs.Jaya Sitepu, Kadis Tamben Drs. Iskandarsyah, Kabag Humas Rizal Gunawan Gultom.  (Humas/Informasi)