LANGKAT BERPOTENSI JADI LUMBUNG BERAS TERBESAR DI SUMUT
14 Desember 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Saat memimpin Apel Gabungan ASN dijajaran Pemkab. Langkat yang  di laksanakan di halaman Kantor Bupati Langkat, Senin (14/12), Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH mengatakan, Langkat berpotensi menjadi lumbung beras terbesar di Sumatera Utara.

 

Menurut Ngogesa, saat ini Langkat memiliki areal persawahan yang luas, tercatat 37.529 Hektar , kemudian sarana dan prasarana pendukung untuk kemajuan areal persawahan #--more--#Langkat juga mendukung, mulai dari irigasi sampai dengan pemanfaatan sungai-sungai besar yang ada di Langkat untuk proses pengairan.

 

“Itu alasan kenapa Langkat berpotensi jadi lumbung beras terbesar di Sumut” kata Ngogesa dihadapan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi peserta apel.

 

Terkait dengan Pengairan areal persawahan, Ngogesa menyampaikan Pemkab. Langkat telah berupaya membangun beberapa bendungan untuk menopang keberhasilan proses pengairan di areal perwahan, “selanjutnya, pembangunan bendungan juga sedang dilakukan yakni di Kecamatan Sei Wampu” kata Ngogesa.

 

Ngogesa berharap, bendungan tersebut dapat mengairi sawah-sawah yang ada dibeberapa Kecamatan sekitar, seperti Secanggang dan Hinai.

 

“Mudah-mudahan, dengan upaya Pemkab melalui Dewan Ketahanan Pangan Langkat mendukung keberhasilan petani dalam bertanam, kedepannya, Langkat bisa jadi central ketahanan pangan di Sumut dan berhasil menjadi lumbung beras terbesar” harap Ngogesa.  (Humas/Informasi)