GEMSTONE PEREBUTKAN TROPY BUPATI LANGKAT DIBANJIRI MASYARAKAT PECINTA BATU AKIK
02 April 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Berbagai jenis batu dari berbagai daerah ramaikan gamestone (Kontes dan Pameran batu) perebutkan tropy Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang digelar di Taman Budaya T. Amir Hamzah, Kamis (2/4).

 

Kegiatan berlangsung istimewa karena Kontes dan Pameran batu ini adalah pergelaran pertama yang digelar Pemkab. Langkat dan berlangsung di Taman Budaya T. Amir Hamzah yang sebelumnya pada pagi hari yang sama sekitar pukul 10. 00 #--more--#WIB baru saja diresmikan penggunaannya.

 

Tampak ribuan pengunjung pecinta batu akik padati stand-stand pameran kegiatan yang diikuti banyak peserta dari berbagai Kabupaten/kota tersebut. “Ini perdana yang diselenggarakan pemimpin daerah, senang saja melihat Pemimpin Daerah yang peduli terhadap perkembangan batu yang lagi hot-hotnya, semoga Kabupaten/kota lainnya segera menyusul” kata Tompel warga Medan yang langsung melihat pameran bersama teman-temannya.

 

Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH yang langsung membuka gamestone secara resmi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi potensi batu akik/mulia khususnya yang ada di Kabupaten Langkat, sekaligus menambah wawasan bagi masyarakat para pecinta batu terhadap aneka ragam jenis batu akik yang ada di Nusantara.

 

“Disamping itu, kegiatan ini juga menginformasikan bahwa demam batu akik di masyarakat sekarang ini harus mampu dikelola dengan sebaik-baiknya, karena bisa menciptakan lapangan kerja bagi seseorang dan tentunya menambah penghasilan perekonomiannya” kata Ngogesa.

 

Sama halnya dengan Ngogesa, Gubsu Gatot Pujunugroho, ST yang diwakili Assinten Bidang Ekonomi, keuangan dan SDM Provsu Ir. H. Riadil Akhir Lubis, M.Si juga mengatakan hal yang sama seperti Bupati Langkat tersebut, menurut Gatot, Potensi batu akik/mulia di Sumut sangat melimpah dan prospeknya sendiri sangat menjanjikan bagi masyarkat, bila dikelola dengan baik akan berdampak pada kehidupan ekonomi maysarakat.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan Drs. M. Iskandarsyah menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan memamerkan dan mempromosikan batu akik/mulia kepada masyarakat sekaligus kepedulian Bupati Ngogesa atas trend yang saat ini menjadi perbincangan dimasyarakat.

 

Kegiatan berlangsung tanggal 2 s/d 5 April 2015, dan banyak peserta berjumlah 75, terdiri dari kelas bacan pro dan amatir, lumut aceh , Bio solar , Sungai Dareh, Victoria Kristal, Chalcedony, kelas unik dan langka, dan perlombaan gosok batu akik/mulia.

 

Kegiatan diakhiri dengan pemberian  batu dari Ngogesa kepada H. Riadil Akhir Lubis dan unsur Musipda Kab. Langkat yang dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke stand-stand peserta.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, TP PKK, DWP, dan beberapa ormas di Kab. Langkat, serta komunitas Pecinta Batu Permata Sumut.  (Humas/Informasi)