KONTES DAN PAMERAN BATU AKIK MEMPEREBUTKAN PIALA BUPATI LANGKAT
27 Maret 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Terkait dengan booming batu akik yang melanda negeri kita saat ini, Pemerintah Kabupaten  Langkat berencana akan menyelenggarakan pameran dan kontes batu akik memperebutkan Piala Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH.  Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Langkat Drs.H. Sulistianto. MSi didampingi Sekdakabdr.  H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM, Asisten Ekbangsos Drs. H. Hermansyah dan sejumlah SKPD saat  memimpin #--more--#rapat persiapan pameran batu akik di ruang rapat Wakil Bupati Langkat, Senin (2/3) yang lalu.   Insya Allah sesuai dengan rencana, pameran itu akan dilaksanakan pada medio bulan April 2015 mendatang.

 

Ditambahkan Sulistianto, tujuan dari pameran tersebut adalah untuk mempromosikan kepada masyarakat luas bahwa Kabupaten Langkat mempunyai potensi batu akik yang sangat kaya dan luar biasa. Nilai harganya bisa mencapai ratusan jutaan rupiah, bahkan bisa mencapai miliaran rupiah.

 

Pesertanya nanti diharapkan diisi  oleh 23 Kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat Selain itu, kegiatan ini juga akan membuat para pengerajin batu akik, baik lokal maupun dari luar daerah untuk ikut berpartisipasi mengikutsertakan hasil karyanya dalam kontes tersebut. 

 

“Ya, Pak Bupati sangat mengapresiasi kegiatan  pameran batu akik  tersebut.  Bahkan, beliau berjanji akan memberikan hadiah dan penghargaan kepada peserta yang berhasil menjadi pemenang dari dana pribadinya, ” ujar H. Sulistianto.

 

Lebih lanjut, mantan Kadis Pendidikan dan Pengajaran (P dan P) Langkat itu pun berharap semoga kegiatan ini dapat membangkitkan semangat para pengrajin  batu yang ada di Kabupaten Langkat khususnya agar terus berkarya. 

 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pencita Batu Permata Sumatera Utara ( APBPSU) Marojahan Batubara  dan pengurus lainnya yang hadir dalam kesempatan tersebut mengaku mendukung sepenuhnya rencana tersebut. Katanya, kegiatan itu potensial sebagai ajang promosi yang positif, agar masyarakat faham bahwa Kabupaten Langkat juga mempunyai potensi yang sangat besar di bidang batu akik. 

 

Hal yang sama dikatakan pula oleh Ketua Asosiasi Komunitas Pengrajin Batu Permata Langkat Sukrwan. Katanya, kita patut berterima kasih,kepada Bupati karena telah memberikan kesempatan kepada para pengrajin batu akik Langkat untuk mengembangkan  karyanya dalam event Pameran itu nanti.  (Humas/Informasi)