Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu.SH : Wujudkan Komitmen Dalam Menindak Lanjuti Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi
20 April 2017 - 09:00:44 WIB,    indra - DISKOMINFO

Stabat,  (Diskominfo)

 Guna untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah melalui penguatan ketersediaan informasi pembangunan yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan, Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) mensosialisasikan sistem Elektronik Perencanaan Pembangunan Daerah (E-Planning) yang berlangsung di Aula Akper Langkat, Kamis (20/4).

 Kegiatan dibuka oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang diwakili Sekdakab. Langkat dr. H. Indra Salahudin yang dihadiri oleh Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara Drs. H. M. Fitriyus SH, M.SP, Kepala BPKP Provinsi Sumatera Utara Mulyana dan Popy Marulita Hutagalung dari Bappedasu serta perwakilan unsur Forkopimda Langkat.

 Bupati Langkat melaui pidato tertulisnya yang disampaikan Sekda Indra, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH mengatakan, penerapan E-Planing masih dalam tahap sosialisasi yang bertujuan untuk mewujudkan komitmen Pemerintah Kabupaten Langkat dalam menindaklanjuti Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi yang terintegrasi di Sumatera Utara antara KPK RI, Pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten.Kota pada tanggal 6 April 2017 yang lalu.

 “Ada 10 Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi yang terintegrasi tersebut, diantaranya melaksanakan proses pengganggaran yang mengakomodir kepentingan public, bebas intervensi pihak luar melalui implementasi E-Planing dan E-Budgeting” katanya.

 Maka dari itu, seluruh SKPD harus menindaklanjuti secara nyata Rencana Aksi tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

 Ngogesa berharap, semoga kegiatan ini menghasilkan gagasan dan ide baru yang berkualitas demi membangun dan membawa masyarakat Langkat sebagai masyarakat yang maju, sejahtera dan mandiri.

 Kepala Bappeda Langkat H. Sujarno melaporkan, kegiatan sosialisasi ditujukan untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada Aparatur Pemerintah dalam merencanakan program/kegiatan pembangunan daerah dengan mempergunakan aplikasi E-Plainning yang berbasis elektronik secara transparan dan akuntabel.

 Kemudian, kegiatan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daeah melalui penguatan ketersediaan informasi pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggung jawabkan menuju Pemerintahan yang baik dan bersih.

  Peserta sosialisasi terdiri dari seluruh Kepala SKPD dijajaran Pemerintah Kabupaten Langkat, Camat se-Kabupaten Langkat, 2 orang Lurah/Kepala Desa perwakilan setiap Kecamatan serta 1 orang staf perwakilan seluruh Instansi Pemerintahan di lingkungan Pemkab. Langkat.

 Sebagaimana diketahui, Kadis Kominfo Provinsi Sumatera Utara Drs. H. M. Fitriyus SH, M.SP, Kepala BPKP Provinsi Sumatera Utara Mulyana dan Popy Marulita Hutagalung dari Bappedasu menjadi Narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut .  (Humas/Informasi)