SMK N 1 STABAT DICANANGKAN JADI SEKOLAH MODEL DI LANGKAT
19 Oktober 2016 - 11:33:19 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Stabat,  (PDE)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Stabat dicanangkan jadi sekolah model di Langkat. Keterangan tersebut diberikan oleh Kepala Sekolah SMK N 1 Stabat M. Ilyas S.Pd ruang kerjanya, Rabu (19/10). Dalam penjelasannya, SMK N 1 Stabat adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki 10 progaram pembelajaran, diantaranya, yakni program keahlian Teknik Otomotif, Teknik Bangunan, Administrasi, Teknik Komputer, Tata Busana dan Teknik Mesin.

Dari 10 program tersebut, Ilyas mengatakan, sesuai bimbingan yang senantiasa diberikan oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH dan Kadis P & P Langkat Salam Syahputra M.Pd, 10 program yang ada di SMK N 1 Stabat harus unggul.

“Olehkarena itu, semenjak dirinya dilantik menjadi Kepala Sekolah SMK N 1 Stabat akhir tahun 2015 lalu, Ilyas optimis akan melakukan pembenahan kearah yang lebih baik di SMK N 1 Stabat sekaligus memberikan prestasi bagi Kabupaten Langkat” katanya.

Dijelaskannya, unggul yang dimaksud adalah mampu menciptakan lulusan yang terampil dan berdaya saing dengan mengutamakan keterampilan yang didapat dari guru-guru SMK N 1 Stabat sebagai modal utamanya.

“Selalu, kompetensi guru dalam mengajar dipantau agar proses transfer ilmu dari guru ke siswa dapat berjalan efektif dan efisien” ujar Ilyas.

Lanjut Ilyas, hal itulah yang menjadi salah satu point mengapa SMK N 1 Stabat dicanangkan menjadi sekolah Model di Langkat oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Utara.

Disamping itu, syarat-syarta lainnya yang menjadikan SMK N 1 Stabat dicanangkan adalah Sarana dan Prasarana serta kompetensi guru dan manajemen sekolah.

Ada banyak pembenahan dan terobosan yang dilakukannya, diantaranya mengenai fasilitas ruang praktek baru, fasilitas komputer, bengkel dan ruang praktek-praktek lainnya.

“Dengan demikian, SMK N 1 Stabat akan menjadi sekolah kebanggaan bagi masyarakat Langkat dan selanjutnya, upaya mendukung terwujudnya visi-misi Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, SH terkait peningkatan taraf pendidikan dapat terealisasi dengan baik” kata Ilyas didampingi Wakil Kepala Sekolah Drs. Sarifudin, Azhari Hariawan, M. Arianzah dan Dharman Lingga.

Ilyas berharap, proses berlangsungnya penilaian dapat berjalan lancar dan kedepannya, penetapan SMK N 1 Stabat sebagai Sekolah Model di Langkat dapat terwujud sesuai dengan harapan.

Perlu diketahui, sekolah model yang dimaksud adalah sekolah yang menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Langkat sesuai dengan tingkatan. Tidak hanya SMK, tingkat SD, SMP dan SMA juga akan ditetapkan oleh LPMP Provsu sebagai sekolah Model di Kabupaten Langkat.  (Humas/Informasi)