TPID Langkat Jaga Inflasi Jelang Lebaran
20 Juni 2017 - 09:00:30 WIB,    indra - DISKOMINFO

 Langkat,  (Diskominfo)

 Untuk menjaga stabilitas harga kebutuhan  pangan jelang Lebaran I’dul Fitri 1438 H,  Pemerintah Kabupaten Langkat  melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan peninjauan  di 3 pasar tradisional yang ada Kabupaten Langkat mengawali peninjauaannya diadakan di Kecamatan Kuala, Selasa (20/6).

 Dalam hal ini, TPID Langkat bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya unsur Kepolisian dan Dinas  kesehatan.

 “Langkah ini diambil sesuai intruksi Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH yang menginginkan adanya kestabiltasan harga pangan dan kebutuhan bahan pokok tetap tersedia di Langkat” kata Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setdakab. Langkat yang juga Wakil Ketua TPID Langkat Eddy Dharma Tarigan saat memimpin rombongan TPID Langkat di Pasar Tradisional Kuala.

 Ia mengatakan, menjelang lebaran biasanya masyarakat memanfaatkan pasar tradisional sebagai tempat untuk berbelanja, karena itu, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok harus tersedia agar momentum I’dul Fitri dapat dirasakan oleh masyarakat.

 “Sejauh ini, harga dan ketersediaan bahan pokok aman” ujarnya yang didampingi anggota TPID Langkat lainnya , Supriadi (Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan) dan Dr. M. Arifin Sinaga (Kabid Yankes Dinas Kesehatan Langkat), Abdul Halim ( Bagian Perekonomian, Sukiman (Kasi Penerbitan dan Pameran Diskominfo )

 Sementara itu, Sekretaris TPID Langkat H. Sutrisuanto yang juga Kabag Perekonomian Setdakab. Langkat menjelaskan bahwa peningkatan pembelian akan terjadi jelang Lebaran.

 “Sudah menjadi tugas TPID untuk menjaga pasokan ketersediaan bahan pokok dan harganya” kata Sutrisuanto.

 Terkait dengan  jenis panganan  yang telah dijual belikan oleh para pedagang untuk mengetahui apakan mengandung zat kimia , TPID bekerjasama dengan petugas  Dinas  Kesehatan Kabupaten Langkat  melakukan Uji Laboratorium yang dipimpin oleh  Dr.M.Arifin Siregar Kabid Yankes Dinas Kesehatan.

 Menyampaikan pesan Ketua TPID Langkat dr. H. Indra Salahudin yang juga Sekdakab. Langkat, Sutris menghimbau kepada seluruh masyarakat Langkat agar tidak resah dalam menghadapi Lebaran I’dul Fitri 1438 H karena untuk harga, kualitas dan ketersediaan bahan pokok masih relatif aman.

 Untuk diketahui bahaw hasil pantauan TPID meninjau harga bahan pokok di Pasar Tradisional  khususnya di Pasar Tradisional kuala, diantaranya, beras Kuku balam Rp10.500, beras jongkong  IR 64 Rp10.500, gula pasir Rp12rb, daging sapi murni Rp120rb, daging ayam boiler Rp22rb, daging ayam kampung Rp50rb, cabe merah keriting Rp15rb, cabe biasa/hijau Rp7rb, bawang merah lokal Rp20rb, bawang merah impor Rp10rb, bawang putih Rp20rb, kacang tanah Rp7rb, tomat Rp10rb, wortel Rp12rb, minyak goreng kemasan bimoli Rp28rb dan minyak goreng curah kuning Rp11.500.  (Diskominfo)