Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH: Antusias Masyarakat Bukti Cinta Tanah Air
13 Agustus 2017 - 10:00:33 WIB,    indra - DISKOMINFO

Langkat,  (Diskominfo)

 Peristiwa bersejarah Berandan Bumi Hangus (BBH) 70 tahun silam ternyata masih membekas bagi masyarakat Kabupaten Langkat khususnya masyarakat Berandan.

 Itu terlihat saat peringatan puncak BBH ke-70 tahun 2017 berlangsung dilapangan Petrolia Pertamina P. Berandan, Minggu (13/8).

 Pantauan dilapangan, masyarakat dari berbagai daerah memenuhi lokasi puncak peringatan kegiatan yang setiap tahunnya diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Langkat.

 Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH mengatakan, antusias masyarakat menghadiri dan mengingat peristiwa bersejarah ini adalah bukti bahwa masyarakat Langkat cinta tanha air.

 “70 tahun lalu, kejadian dahsyat terjadi di Berandan, tidak sedikit korban jiwa, dan hanya satu tekad yang diusung oleh para pejuang yakni Merdeka atau dijajah” ungkap Ngogesa.

 Lanjutnya, perjuangan pantang menyerah dan kegigihan mempertahankan harga diri bangsa adalah sikap yang harus menjadi cerminan bagi kita sekarang.

 “Mereka tidak bertanya apa yang diberikan oleh Negara, tetapi, mereka rela berkorban untuk memberikan yang terbaik bagi Negara” sebutnya.

 Ngogesa berharap, peristiwa bersejarah ini dapat menjadi titik kebangkitan bagi seluruh masyarakat Langkat untuk melanjutkan perjuangan para pejuang terdahulu dengan mengisi aktivitas sehari-hari dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

 “Tunjukkan karyamu, paculah kreatifitasmu, buktikan bahwa kita adalah calon pemenang masa depan dan calon pemimpin yang membanggakan untuk siap memberikan baktinya kepada Negara dan Bangsa” tegasnya.

 Dalam laporannya, Sekda Langkat dr. H. Indra Salahudin M.Kes, MM selaku Ketua Panitia menjelaskan, peringatan BBH ke-70 tahun 2017 dirangkaikan dengan beberapa acara tambahan yang ditujukan untuk menyemarakkan dan menanamkan rasa cinta rela berkorban untuk bangsa.

 Diantara kegiatan dimaksud, yakni lomba paduan suara BBH tingkat SD, SMP, SMA sederajat berjumlah 48 group.

 Lomba Napak Tilas yang berlangsung dilapangan bola kaki SMP RGM Kecamatan Besitang dengan jumlah peserta sebanyak 1200 orang yang berasal dari berbagai daerah di Langkat dan luar Langkat.

 Ziarah ke Taman Makam Bahagia P. Berandan, lomba Karnaval tingkat SD. SMP dan SMA sederajat, pemberian santunan dan cendera mata kepada 100 veteran juang.

 Pemberian cendera mata dan tali asih kepada tokoh maupun keluarga yang memprakarsai Perda tentang Peristiwa BBH diantaranya, Alm. H. Hasan Perak, Alm. H. Ishaq Tumengkol dan H. Syafrudin Basyir serta pemberian santunan kepada ahli waris pencipta lagu BBH.

 Nuasa Baru Pada Peringatan BBH ke-70 tahun 2017

 Ada nuansa baru pada Peringatan BBH ke-70 tahun 2017, yakni rangkaian hadiah yang diberikan oleh Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana Perangin-angin SE berupa 10 unit sepeda yang diberikan kepada masyarakat yang bisa menjwab pertanyaan dari Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu SH dan unsur Forkopimda Kabupaten Langkat, diantaranya Kapolres Langkat AKBP Dede Rojudin dan Dandim 0203 Langkat Letkol. Arh Dedy Rahmanto.

 “Makasi pak, hadiah ini akan menambah semangat masyarakat setiap tahunnya dalam mengingat segala peristiwa bersejarah yang dapat meningkatkan motivasi menjadi yang terbaik” kata salah seoarang masyarakat penerima hadiah sepeda.

 Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Kadis Sosial Rajali S.Sos, unsur Forkopimda Langkat, Kepala SKPD dijajaran Pemkab. Langkat, para veteran juang.  (Diskominfo)