NELAYAN LANGKAT SELAMATKAN 96 IMIGRAN MYANMAR DAN BANGLADESH
15 Mei 2015 - 00:00:00 WIB,    hendra - DISKOMINFO

Langkat,  (PDE)

Sebanyak 96 imigran yang berasal dari Myanmar dan Bangladesh, diselamatkan oleh nelayan setelah terombang ambing di perairan laut Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Jumat (15/5) pukul 09.00.WIB.


Kemudian oleh para nelayan setempat, imigran dibawa ke daratan persisnya di dermaga Ujung Kampung. Saat ini para pengungsi tersebut ditampung di aula gedung serba guna Kantor Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.


#--more--#Menurut keterangan salah seorang pengungsi , melalui Mashod, salah seorang penerjemah bahasa etnis Rohingya mengatakan, mereka sebelumnya sebagian berangkat dari Bangladesh dan Thailand menggunakan kapal dengan tujuan ke Negara Malaysia untuk mencari  pekerjaan. Karena bermasalah dengan bahanbakar mesin kapal mereka, perjalanan ratusan Etnis Rohingya yang mayoritas beragama Muslim tersebut terhenti dan terombang-ambing selama tiga bulan di tengah laut.


Dikatakannya,dari Bangladesh mereka menggunakan kapal dengan muatan 482 orang kemudian gabung lagi dari Thailand sebanyak 300 orang dengan jumlah keseluruhan 782 orang.”Sebagian pengungsi terdampar di Perairan Langkat dan ditemukan nelayan Langkat yang sedang mencari ikan.Selebihnya masih ada di tengah laut dan sekitar 200 orang tewas akibat kelaparan,” ungkapnya.


Kepala Puskesmas Pangkalansusu Dr Hasbi saat ditemui di lokasi mengatakan sekitar 21 orang pengungsi dirawat karena mengalami luka-luka , lebam akibat terbentur dan menderita sakit bagian lambung.”Sebelumnya ada yang ditangani di Puskesmas pembantu di Jalan Pelabuhan dan Desa Beras Basah. Kalau di sini untuk  penanganan secara khusus,” katanya.


Camat Pangkalansusu melalui Sekcam Pangkalansusu Drs Jamal Ritonga ketika ditemui di lokasi pengungsian mengatakan para pengungsi asal Myanmar dan Bangladesh yang saat ini berada di pengungsian sementara berjumlah 96 orang.


”Kami sekarang sedang berkordinasi dengan pihak Polres Langkat, TNI, imigrasi, dinas sosial Langkat, BPBD Langkat, anggota DPRD Langkat yang berada di lokasi membahas dan mencari solusi dalam menangani permasalahan para pengungsi tersebut,” jelasnya.


Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Langkat  Rizal Gunawan Gultom, MAP, ketika dihubungi, Sabtu (16/5) via sambungan telepon seluler mengakui bahwa Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu, SH, sudah memerintahkan langsung Kepala Dinas Kesehatan Langkat dr Sadikun Winarto, untuk memberikan bantuan medis dan mengecek kesehatan para imigran yang kini masih berada di tempat penampungan di Pangkalan Susu.  (Humas/Informasi)