Antusias Warga Langkat, Warnai Semaraknya Detik-Detik Pembukaan MTQ Ke-51, H.Ngogesa Langsung Lantik Dewan Hakim Dan Lepas Pawai Ta’aruf
26 Februari 2018 - 14:00:15 WIB,    indra - DISKOMINFO

 LANGKAT,  (Diskominfo)

 Keragaman suku, adat istiadat, organisasi masyarakat (Ormas)  bahkan agama yang berbeda tidak bisa menjadi penghalang persatuan masyarakat Langkat, terbukti dengan antusias gemuru warga Langkat  dari beragam suku dan agama, bercampur baur meramaikan dan memeriakan saat detik-detik  pembukaan MTQ ke-51.

 Hal tersebut bisa terlihat dari ramainya warna-warni simbul peserta  pawai ta’aruf yang berbeda bekisar 50 kontingen  kafilah, berjalan dengan diringi  suara dram band, dimulai dari rombongan 23 kafilah peserta MTQ, dari berbagai pelajar dari tingkat SD sampai SMA,  Ormas dan masyarakat, yang melukiskan kebersamaan yang begitu indah.

 Sebelum acara pembukaan MTQ tersebut, Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH, langsung melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 51 dengan ditandai pembacaan  Surat Keputusan (SK) Bupati  No: 451. 15 – 02 / K / 2018, sekaligus  melantik  Kepengurusan Lembaga Tilawah Qur’an  (LPTQ) Kab.Langkat yang baru, dengan SK Bupati No: 451 – 63 / K / 2017 priode 2018 – 2022 sekaligus pemasangan PIN, serta langsung melepas pawai ta’aruf, bertempat di  lapangan bola kaki Kelurahan Pangkalan Batu, Kec.Brandan Barat, Kab.Langkat, senin (26/20).

 Kabag  Kessos Setdakab. Langkat  H. Syahrizal, S.Sos, M.Si selaku wakil ketua umum LPTQ menyampaikan dalam laporannya,  jumlah dewan hakim pada MTQ ke- 51 ini, berjumlah 55 orang dengan 7 cabang MTQ, yeng terdiri dari majelis hakim cabang remaja dan  dewasa terdiri dari 15 orang  dewan hakim  dan  tilawah anak-anak dan tartil qur’an terdiri dari 10 orang hakim. Sedangkan majelis hakim cabang  hifzul quran terdiri dari 1 juzz sampai 5 juzz terdapat 8 orang dewan hakim, lalu 10 juzz ke 20 juzz sampai 30 juzz terdiri dari 5 orang dewan hakim. Lalu untuk majelis hakim cabang fahmil quran  terdiri dari  5 dewan hakim, kemudian cabang syahril quran terdiri dari 5 orang dewan hakim, sedangkan cabang khatil quran juga terdiri dari 5 orang dewan hakim.    

 “Jadi total dewan hakim seluruhnya  55 orang ditambah dengan Ketua Dewan Hakim yang dijabat oleh H. Ahmad Mahfudz selaku ketua MUI Langkat,  ditambah dengan sekretaris Dewan Hakim H.Ahmad Yusril ,S.Sos, MAP,” paparnya.

 Sedangkan jumlah anggota kepengurusan LPTQ, lanjut  H. Syahrizal, berjumlah 46 orang panitia, yang terdiri dari jajaran beberapa unsur organisasi termasuk didalamnya unsur OPD Langkat.

 “46 orang tersebut termasuk dihitung didalamnya pembina LPTQ, yang pembina satunya dijabat oleh Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH sedangkan ketua umumnya dijabat oleh Sekdakab. Langkat dr. H.Indra Salahudin, MKes, MM,” jelasnya, sambil menambahkan setelah acara tersebut malamnya dilanjutkan dengan acara  pembukaan MTQ ke 51, secara resmi.

 Acara tersebut juga  disertai pemberian bonus kepada 7 orang peserta qori qoriah berperestasi ditingkat provinsi pada MTQ 2017 di Sidikalang Kab.Dairi dengan nilai keseluruhan Rp.15 juta.

 Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Langkat, Dandim 0203 Langkat, Plt.ketua DPRD Langkat, Sekda Langkat, Para SKPD Langkat, GM Manager PT. LNK Gohor, Muspika Kec. Berandan Barat , Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan  ribuan masyarakat yang  antusias mengikuti jalannya kegiatan .  (Diskominfo)