Pekan Literasi Kabupaten Langkat Dibuka
02 Mei 2018 - 12:00:41 WIB,    indra - DISKOMINFO

Stabat,  (Diskominfo)

Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH melalui Wakil Bupati Langkat Drs. H. Sulistianto MSi langsung mengahadiri pembukaan pekan Literasi Kabupaten Langkat, yang dilaksanakan digedung Mabmi Jl.Proklamasi Stabat, Langkat, Rabu (2/5).

 Pekan Literasi tersebut dapat terlaksana tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Langkat, Bank Sumut cabang Langkat, media presindo, forum Masyarakat Literasi Langkat, dan Kemenag Kabupaten Langkat.

  Pada pembukaan acara tersebut, Drs.H.Sulistianto pada kata sambutannya,  menyampaikan, sangat mensport dan mengapresiasi kegiatan pekan literasi Langkat ini, sebab kegiatan ini sangat memberikan konstribusi positif bagi masyarakat Langkat khususnya.

 “Mari kita bangun komitmen untuk mendukung kegiatan  ini, dengan mengajak masyarakat Langkat untuk peduli pada pekan literasi ini,  sehingga kemamfaatannya bisa benar-benar dirasakan,”ujarnya.  

 Sebab dengan diadakan  pegelaran pekan  literasi Langkat ini, dampaknya sangat bermanfaat bagi pembentukan karekter siswa/siswi dari tingkat TK, SD, SMP dan  SMA sederajat, yang mereka semua adalah generasi penurus bangsa.

 “Saya yakin kegiatan ini, dapat sangat berdampak positif bagi pendidikan Langkat  sehingga lebih maju dan  dinamis,”sebutnya dengan yakin.

 Semoga dengan terus dilakukannya kegiatan ini, dapat menciptakan generasi anak bangsa yang cerdas, pandai dan menjadi kebanggaan masyarakat Langkat dikanca nasional bahkan internasional.

  Selanjutnya ketua forum Masyarakat Literasi Langkat Drs. Sudiatman, M.Pd, menyebutkan dalam laporan kepanitiaannya,  kegiatan ini dilaksanakan selama enam hari di mulai dari tangal 2 sampai 7 mei 2018. Setiap harinya diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari pagi sampai sore hari,  bahkan dibeberapa hari tertentunya kegiatan ini  sampai malam.

 "Disetiap harinya banyak sekali kegiatan, diantaranya Expose yaitu bazar buku murah, aktivis pegiat literasi Langkat deklarasi formula, kemudian kegiatan Ilmiah, jambore literasi, pentas budaya , yang disetiap kegiatan tersebut, didalamnya banyak sekali diisi dengan bermacam  bentuk pagelaran yang menarik serta menambah wawasan,”sampainya.

 “Jadi kalau mau tau lebih jelasnya,  ayo datang dan saksi kan secara langsung di Mabmi stabat, pastinya rugi kalua tidak melihatnya,”sampainya kembali sambal mengajak.

 Selanjutnya dijelaskan, Sudiatman, pada 7 mei tepatnya senin malam selasa dari pukul 21: 00 sampai 23:00 WIB, akan dilaksanakannya pengumuman pemenang lomba jambore Literasi sampai penyerah hadiah kepada masing-masing pemenag, selanjutnya akan digelar  pentas budaya.

  “Pada malam itu juga, sekaligus acara  penutupan pekan literasi Langkat ini,”himbaunya.

 Untuk diketahui bersama, arti  literasi secara umum adalah kemampuan individu di dalam mengolah serta memahami informasi pada saat menulis ataupun membaca. Jadi ,maksud kata literasi ini juga merujuk pada keterampilan bahasa lainnya , meliputi pengetahuan bahasa tulis serta lisan.  Yang membutuhkan serangkaian pengetahuan tentang genre, kultural dan kemampuan kognitif. Hal ini menyimpulkan literasi memiliki makna yang kompleks, namun yang menjadi dasar utama dalam pengembangan makna literasi lebih luas adalah kemampuan seseorang dalam  membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat. Sedangkan arti secara Istilah literasi dalam bahasa latin disebut sebagai Literatus yang artinya adalah orang yang belajar.

 Selanjutnya, juga untuk diketahui pembukaan pekan literasi ini,  diramaikan oleh beberapa penampilan kesenian seperti tari daerah dan kreasi seni lainnya.

 Turut hadir pada acara tersebut kepala Bank Sumut, sejumlah  pimpinan SKPD Pemkab. Langkat, Sekjen Formalsu, Ketua MUI Langkat, Direktur media presindo yogyakarta Indra Ismawan, para unsur panitia pekan literasi Langkat dan sejumlah hadirin terhormat lainnya.  (Diskominfo)