Porwilsu Wilayah I Cabang Gulat 2018 Dibuka, GOR Langkat Menjadi Podium PON Pada 2024
03 Mei 2018 - 12:00:11 WIB,    indra - DISKOMINFO

Stabat,  (Diskominfo)

Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH melalui Assisten Administrasi Ekonomi Pembangunan Dan Sosial Drs. Hermansyah secara resmi membuka Pekan Olahraga Wilayah Sumatera Utara (Porwilsu) Wilayah I cabang olahraga Gulat tahun 2018, di Gedung Serba Guna (GOR) Stabat, Langkat, Kamis (3/5).

Drs.Hermansyah menyampaikan arahan dan bimbingan teks tertulis Bupati Langkat, pada kata sambutannya, mengucapkan selamat datang di Langkat dan bertanding kepada para kontingen dan atlit.

Selanjutnya, Drs.Hermansyah, meminta, agar seluruh atlit dapat mengedepankan disiplin dan sportivitas serta menjaga ketertiban, keamanan dan menjaga citra nama baik bumi bertuah ini, saat mengikuti pertandingan.

"Kedepankanlah aplus yang demokrasi dan rasa kekeluargaan sesama kontingen, atlit dan penonton maupun pendukung,"tegasnya.

Sembari berharap agar ada atlit Gulat Langkat yang mengharumkan Langkat dengan mampu meraih kemenangan untuk melaju ke Porprovsu

dan  selanjutnya dapat berprestasi dikanca nasional dan internasional.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis, dikesempatan sama, menerangkan,  Porwilsu ini merupakan ajang seleksi bagi para atlit, wasiet maupun official, untuk menuju Porprovsu yang akan dilaksanakan pada november 2018.

"Dievent ini saya harapkan hasilnya nanti benar-benar maksimal,"imbuhnya.

Sebab, seluruh atlit hasil Porprovsu akan dipersiapkan menuju prakualifikasi PON tahun 2019.

"Inilah cikal bakal atlit Sumut yang dipersiapkan menuju PON 2020 di Papua,"sampainya.

Ketua Pengprov PGSI Sumut Rajamin Sirait SE, juga menyebutkan, atlit Gulat yang lolos mengikuti Porwilsu dan Porprovsu adalah atlit Gulat investasi jangka panjang untuk menuju tingkat nasional.

Perlu diketahui, sambung Rajamin, pada waktu beberapa minggu lalu,  KONI pusat telah memutuskan Aceh dan Sumut ditunjuk menjadi tuan rumah PON ke 21 pada tahun 2024.

" GOR Langkat ini salah satu podium PON untuk cabang tinju, maka saya harapkan perhatian Pemkab.Langkat untuk merenovasinya agar lebih layak,"sebutnya.

Semoga dengan hal itu, sambugnya, memberikan motivasi untuk kita semua berkomitmen menjadikan Sumut gudang atlit nasional.

Sedangkan Ketua panitia Saiful Aman S.Sos, pada laporan panitia, menyebutkan, berdasarkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Prov.Sumut No: 1281/KONI-SU/XII/2017 tertanggal 15 desember 2017 perihal SK pembagian tuan rumah dan tanggal Porwilsu 2018.

"Ditentukan Porwilsu wilayah I cabang Gulat 2018 ini, dilaksanakan  di Langkat dan dibuka pada 5 mei 2018,"sampainya.

Kegiatan Porwilsu ini dimulai dari 3 sampai 5 mei 2018, adapun kontingen dari 8 pengurus kabupaten/Kota PGSI se Sumut yang masuk wilayah I, diantaranya  Medan, Sergai, Batu Bara, Dairi, Simalungun, Nias Barat dan Nias Utara.

"Para atlit yang meraih juara, selanjutnya akan menuju ke event Pekan Olahraga Provinsi Sumut (Porprovsu) 2018,"jelasnya.

Sementara, dikatakan Saiful, dana penyelenggaraan Porwilsu ini bersumber dari APBD Langkat TA.2019 yang dihibahkan ke Pengkab Persatuan Gulat Seluruh Indonesia

(PGSI) Langkat, melalui KONI Langkat dan dana dari sharing KONI Sumut.

Turut hadir dikegiatan tersebut ketua Pengkab PGSI Langkat serta unsur pengurus, unsur Forkopimda Langkat, Forkopim Kec.Stabat, pimpinan Pt.Bank Sumut cabang Stabat, kepala BRI cabang Stabat, kepala OPD jajaran Pemkab. Langkat, unsur panitia Porwilsu, dewan juri dan wasit, seluruh kontingen dan atlit gulat se Prov.Sumut serta para undangan lainnya.  (Diskominfo)