Pemkab.Langkat Wujudkan Swasembada Pangan Beras dan Daging
28 Mei 2018 - 13:42:30 WIB,    indra - DISKOMINFO

 Langkat,  (Diskominfo)

Saat ini  Pemkab Langkat telah berhasil mewujudkan swasembada pangan pada beras dan daging secara berkelanjutan. Bahkan Pemkab. Langkat terus memprioritaskan  pemenuhan kebutuhan panganan asal hewan dan tumbuhan sebagai  prioritas utama didalam pembangunan daerah. Sebab pangan merupakan kebutuhan mendasar manusia yang paling utama.

 Hal tersebut disampaikan Assisten Administrasi Ekonomi Pembangunan dan Sosial  Drs.H. Hermansyah, mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH, pada Apel gabungan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, dihalaman kantor Bupati Langkat, Stabat,  Senin (28/5).

 Keberhasilan Pemkab Langkat telah mampu mencapai swasembada pangan berupa beras walaupun luas lahan sawah beririgasinya hanya 25 persen. Dengan demikian, menunjukan   Langkat memiliki peluang yang sangat besar untuk meningtkatkan produksi gabah, jika sarana irigasiya di lahan sawah tadah hujan seluas 25.965 hektar dapat dibangun seluruhnya.

 Sedangkan untuk  peningkatan pangan asal hewan,  Lanjut, Drs Hermasyah, membutuhkan dukungan permodalan dan manejeman usaha yang professional melalui peningkatan skala usaha.

Diharapkan  jumlah rumah tangga usaha peternakan sapi sebasar 26.206 per kepala keluarga , dengan begitu dinilai ada peluang  peningkatan populasi sapi yang sangat besar.

“Jadi  mesti ada peningkatan kepemilikannya pada  rumah tangga usaha peternakan sapi,”terangnya.

 Adapun hambatan peningkatan pangan asal hewan dan tumbuhan , luas lahan sawa beririgasi masih sangat kecil yaitu 8.912 H dari seluruh jumlah sawah di Langkat yaitu 35.582 H.  keterssediaan induk ternak berkualitas sangat terbatas.  Akses peternak kepada permodalan dan perbankkan masih sangat rendah.  Baik petani dan pertenak belum biasa  mengikuti program asuransi, sebagi plindung usaha mereka,”jelasnya.

 Meskipun demikian, terus dilakukan upaya oleh Pemkab.Langkat melalui dana APBD maupun APBN untuk menyediakan dan meningkatkan pangan asal hewan dan tumbuhan. Selain itu Pemkab.Langkat juga telah dibantu TNI-AD melalui KODIM 0203 Langkat untuk mensuksekan program Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Langkat

 Para Assisten dan Staf Ahli, pejabat eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab. Langkat, serta peserta apel gabungan lainnya.  (Diskominfo)