Upayakan Kemananan Maksimal Jelang Pilkada, Polres Langkat Gelar Sosialisasi Ke Kades/Lurah
22 Juni 2018 - 12:00:02 WIB,    indra - DISKOMINFO

Stabat,  (Diskominfo)

Polisi Resort (Polres) Langkat menggelar sosialisasi Pilkada tahun 2018 serta penanganan Dana Desa (DD) dan peraturan yang berhubungan dengan DD di Kabupaten Langkat, bertempat di Aula Gedung PKK Jl. KH. Wahid Hasyim No. 02 Stabat, Langkat, Jum'at (22/6). Kepada Camat, Kepala Desa/Lurah se- Langkat. Sebagai narasumber Kapolres Langkat AKBP Dedi Indriyanto S.IK M.H  dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (PMDK) Langkat Jaya Sitepu.

AKBP Dedi Indriyanto pada arahan dan bimbingannya, mengajak, agar seluruh Kepala Desa dan Lurah  serta Camat se Langkat, ikut menjaga kekondusifan Langkat, jelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut serta Bupati dan Wakil Bupati Langkat.

"Kita adalah aparatur negara, jangan sampai  melakukan provokasi kepada masyarakat, dengan mengarahkan memilih salah satu Paslon peserta Pilkada tersebut,"jelasnya.

"Sehingga dalam pelaksanaan Pilkada senantiasa tertib, transparan dan berjalan lancar,"jelasnya lagi.

Pihaknya, sambung AKBP Dedi akan memberikan reward (penghargaan) bagi Kades atau Lurah yang berhasil dalam menjaga situasi kamtibmas dan zero kriminalitas, diwilayahnya.

Selain itu, orang nomer satu di Polres Langkat itu, mengajak masyarakat agar ikut mengawasi Pilkada, dengan memberikan laporan terkait adanya kegiatan yang memungkinkan menimbulkan ketertiban umum.

Sementara, terkait penggunaan DD , Mantan Kapolres Batu Baru tersebut, mengharapkan agar dalam penggunaannya sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku, serta disesuai dengan kebutuhan masing-masing wilayah.

"Penggunaan DD harus transparan agar tidak sampai terjerat hukum,"pungkasnya.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (PMDK) Langkat Jaya Sitepu , menjelaskan, pihaknya akan selalu bekerjasama dengan lembaga terkait dan penegak hukum dalam penanganan ganguan Kamtibmas di Desa/Kelurahan pada Pilkada.

"Sehingga kekondusifan di Desa/Kelurahan selalu terjaga,"sebutnya.

Selanjutnya, Jaya, menyampaikan terkait perkembangan Anggaran Dana Desa (ADD) dan DD di Kab. Langkat.

Bahwa ADD  berasal dari APBN berjumlah Rp.179 milyar, sedangkan Rp.134 milyar dari APBD,  maka untuk jumlah keseluruhan berjumlah Rp.314 milyar untuk 240 desa di Kab. Langkat.

Sementara, kata Jaya, untuk tahapan pencairan DD terbagi menjadi tiga termin yaitu pada Maret sebesar 20 persen, Mei 40 persen dan Juli 40 persen.

Sedangkan dalam pengawasannya, Pemda Langkat telah berkoordinasi dengan Tipikor Polres Langkat dan Kejaksaan Negeri Langkat.

Terpisah, pada penghujung acara, Kapolres Langkat memberikan bingkisan cenderamata kepada 10 orang Kades.  (Diskominfo)