Pemkab.Langkat Gelar Pembekalan Manasik Haji
03 Juli 2018 - 11:36:15 WIB,    indra - DISKOMINFO

Stabat,  (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Bagian Kesejahteraan Sosial (Kesoss) Setdakab. Langkat menggelar pembekalan manasik haji kepada 429 calon haji Kabupaten Langkat tahun 1439 H/2018 H, bertempat di Serambi  Jentera Malay Pendopo Rumah Dinas Bupati Langkat, Jl.Proklamasi Stabat Langkat, bertema belajar dan  memahamkan pengetahuan demi meraih haji yang mabrur.

 Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH diwakili Sekdakab.Langkat dr.H . Indra Salahudin MKes. MM secara langsung meberikan pembekalan pada hari kedua, Selasa (3/7), dimana pembekalan tersebut dimulai pada senin (2/7) kemarin.

 Dr.H.indra pada arahan dan bimbinganya, menghimbau kepada para  calon jama’ah haji agar tetap menjaga kesehatannya dimulai dari sekarang, dengan mengatur waktu makan dengan  tepat waktu, rutin  berolahraga dan jangan lupa memaksimalkan waktu untuk istirahat, sebab ibadah haji adalah ibadah fisik.

 “Harapanya dengan menjaga kesehatan tersebut, para jama’ah calon haji dapat melaksakan rukun haji seperti tawaf, melempar jumroh dan sa’i dan rukun haji lainnya dengan sempurna dan baik,  tampa terkedala sesuatu apapun baik karna sakit atau hal lainnya yang tidak diingikan,”terangnya.

 Selain itu, Dr.H.indra, juga mengajak agar para jama’ah terus belajar dan memahami segala rukun haji dengan baik, guna meminimalisir kesalahan sekecil apapun dalam melaksakan ibadah haji tersebut.

 “Dengan begitu, semoga  setelah selesai melaksakan ibadah haji nanti, bapak dan ibu- ibu semuanya menjadi haji mabrur,”harapnya dengan  sambutan amin…amin…yarobal alamin oleh seluruh hadirin.

 Selanjutnya, Sekdakab. Langkat, juga mengingatkan kepada jama’ah, yang nantinya  berada di negri orang, untuk saling menjaga keselamatan dan keamanan satu sama lain diantara rombongan, baik keselamatan  diri maupun barang bawaan.

 “Bagaimana pun kewaspadaan harus tetap dilakukan, jadi saya harap semuanya dapat saling mejaga dan melindungi satu sama lainnya, mulai dari keberangkatan, saat menunaikan ibadah haji dan  saat perjalanan kembali lagi ke Indonesia,”pungkasnya.

 Terpisah, dihari sebelumnya, disampaikan Kasi Haji Kemenag Langkat Zulham, bahwa jama’ah haji yang diberangkatkan pada tahun ini sebanyak 429 orang, terdiri dari laki-laki 176 orang dan  wanita 253 orang.

 “1 orang berasal dari Deli Serdang, 2 orang berasal dari Binjai dan selebihnya dari Kabupaten Langkat,”paparnya.  (Diskominfo)