Tim Penilai Desa/Kelurahan 2018 Berkunjung Ke Langkat
16 Juli 2018 - 14:00:34 WIB,    indra - DISKOMINFO

 Langkat,  (Diskominfo)

Tim penilain Desa/Kelurahan percontohan tingkat Provinsi Sumatera Utara  tahun 2018 berkunjung ke Desa Dogang Kec.Gebang Kab.Langkat dan  Kel. Alur Dua Kec.Sei Lepan Kab.Langkat, Senin (16/7).

 Ketua Tim Penilain Chairin F Simanjuntak selaku Sekretaris PMD Prov.Sumut didampingi  Ny.ViVi ketua Pokja III TP PKK Sumut  dan Kadis PMD Prov.Sumut Ir.H.Asfan Sopiyan MM serta anggota Tim Timbul Naibaho, Pribadi PA, Fahri, Amir.

Disambut Sekdakab Langkat dr.H.Indra Salahudin MKes MM mewakili Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH,  didampingi Ketua TP PKK Ny.Hj. Nuraidah Ngogesa dan Kadis PMDK Langkat H.Jaya Sitepu.

dr.H.Indra Salahudin pada arahan dan bimbingan teks tertulis Bupati, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Tim Penilai Desa/Kelurahan percontohan Provinsi, di Kabupaten Langkat.

“Selamat datang kami ucapkan di bumi bertua ini,”sampainya.

 Dijelaskan dr.H.Indra, Desa Dogang ditetapkan sebagai  salah satu Desa yang mewakili Kabupaten Langkat  pada lomba desa tingkat provinsi Sumut tahun 2018, sesuai keputusan Bupati langkat No:4144- 30 /K/2018 tertanggal 04 Juni 2018  tentang penetapan  juara lomba desa tingkat Kabupaten Langkat tahun 2018.

 Penunjukan ini, sebut Sekda,  sesuai dengan realita dan fakta  dilapangan,  dimana  dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali, sangat mendukung keberhasilan  penyelenggaran pemerintah , pelaksananan pembangunan dan kegiatan kemasyarakatan ,

 “Hal ini dapat terbukti dengan semangat gotong royong serta tingginya kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba desa,”sampainya.

 Hal ini sesuai tujuan lomba desa, yang  merupakan upaya menggelorahkan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berdasarkan keswadayaan sebagai system nilai sosial yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat.

 Ketua Tim Penilain Chairin F Simanjuntak, menjelaskan  penilain desa kelurahan diamanatkan pada Permendagri 81 tahun 2015,  dimana lebih menekankan kemajuan dibidang penyelenggaraan pemerintah desa dan kelurahan, kewilayaan  dan kemasyarakatan .

Penyenggaraan  pemerintah dijadikan prioritas dikarenakan terkait dengan komitmen pemerintah dalam upaya  menghadirkan negara di tengah masyarakat, sebagaimana  tertuang dalam nawacita, yaitu menghadirkan kembali negara, untuk  melindungi segenap bangsa  dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

“Oleh karenanya , melalui kegiatan perlombaan ini ,  saya himbau  penyelenggara pemerintah desa dan kelurahan  tanggap   terhadap setiap aspirasi masyarkat, agar setiap kebijakan yang dihasilkan dapat benar-benar  dilandasi demokrasi dan sesuai kebutuhan masyarakat, agar pembangunan desa dan kelurahan terus mencapai perkembangan yang semakin baik dari waktu ke waktu,”paparnya.

Kadis PMD Prov.Sumut Ir.H.Asfan Sopiyan MM, juga berharap perlombana ini sebagai motivasi untuk membangun perdesaan, agar kedepan semua desa semakin maju.

“Tujuannya jangan sekedar mendapat hadiah saja, namun untuk meningkatkan pembangun desa,”sarnnya.

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai kerasi seni budaya yang dipersembahkan oleh ibu-ibu PKK desa Dogang.

 Dihadiri oleh sejumlah kepada OPD Langkat terkait, pengurus TP PKK Langkat, Camat Gebang dan Camat Sei Lepan serta unsur Forkopim,  Kades Dogang , Lurah Alur Dua,  ketua TP PKK Desa Dogang beserta pengurus, Karang Taruna,Tobah Masyarakat dan para undangan lainnya.  (Diskominfo)