Ayo Imunisasi MR Dibulan Agustus Dan September 2018
01 Agustus 2018 - 15:00:16 WIB,    indra - DISKOMINFO

Langkat,  (Diskominfo)

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Langkat menggelar kegiatan kampanye imunisasi Measles-Rubella (MR), dilaksanakan di Gedung  Sekolah Dasar (SD) Negri No: 053973 Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, Rabu (1/8).

Kadis Kesehatan dr.Sadikun Winanto, menjelaskan Pada Kampanye imunisasi MR, diberitahukan bagi daerah diluar pulau jawa  diseluruh Indonesia, bahwa imunisasi dilaksanakan mulai bulan agustus 2018, , pada usia anak 7 – 15 tahun dengan kategori masih duduk di bangku SD dan SMP sederajat. Sedangkan di bulan September, untuk anak usia 9 bulan sampai usia 7 tahun, untuk lokasi imunisasinya harus dilaksanakan di Posyandu , Puskesmas, dan sarana pelayan kesehatan lainnya, milik pemerintah.

 “Ingat ya bu, samapaikan hal ini kepada sanak saudara dan jiran tetangga, untuk melakukan imunisasi, jangan takut dikenakan biaya karena imunisasi MR ini gratis bantuan dari pemerintah.”imbuhnya.

 Selanjutnya dijelaskan dr.Sadikun Winanto, harus dilakukan iminisasi MR, sebagai upaya secara masal untuk mencegah Campak dan Rumbella yang diberikan kepada anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Sebab rumbella dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan meliputi  kelainan pada jantung dan mata, serta ketulian dan keterlambatan perkembangan. Sedangkan akibat dari campak, dapat menyebakan  komlikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk bahkan kematian.

 “Untuk itu agar anak kita tidak terkena campak dab  rubella, maka kita harus melakukan iminisasi kepada anak kita ya buk, agar anak kita dapat tumbuh berkembang dengan sehat dan normal,”ajaknya.

 Pada kegiatan itu juga, terlihat dr.Sadikun Winanto,  memberikan suntikan imunisasi  kepada 12 siswa Sekolah Dasar secara simbolis, sedangkan total keseluruhan siswa SD Negri No: 053973 yang di imunisasi sebanyak 202 siswa. Selain itu Dinkes juga malakukan imunisasi di 5 SD  yang ada di Desa Sendang rejo Kec.Binjai, pada hari itu juga.

 Hadir pada kesempatan tersebut, Suverviser WHO dr.Anwar Hijar MSC , Kadis P dan P Langkat DR.H.Saiful Abdi SH.SE,MPd, Kapus Sambirejo Arlina Prihesti SKM, Camat Binjai Rizal Gultom AP, Kepala Sekolah SD Negri No: 053973 serta peserta imunisasi dan undangan lainnya.  (Diskominfo)