Selama Dua Priode Bupati Langkat Selalu Mengiringi Napak Tilas
12 Agustus 2018 - 14:00:12 WIB,    indra - DISKOMINFO

Langkat,  (Diskominfo)

 Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH secara langsung memimpin upacara dan  melepas peserta napak tilas, pada acara pelepasan peserta napak tilas Berandan Bumi Hangus (BBH)  ke – 71 tahun 2018, di Taman Makam Pahlawan Bahagia Desa Sei Siur, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Minggu (12/8).

 Kegiatan ini salah satu rangkaian memeriahkan HUT RI ke 73, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Bagian Kesejahteraan Sosial Setdakab Langkat, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Langkat No : 8 tahun 1995 tentang peringatan Hari Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan. Serta surat keputusan Bupati Langkat No: 003.1-18/K/2018 tanggal 15 juni 2018, tentang panitia penyelenggara peringatan Bumi Hangus Kota Pangkalan Brandan ke -71 tahun 2018 Kabupaten Langkat.

 Bupati Langkat pada bimbingan dan arahanya, menjelaskan, kegiatan napak tilas  ini merupakan  rangkaian dari memperingati BBH, diharapkan kegiatan ini, menjadi inspirasi dang semangat untuk membangun mental  seluruh masyarakat Langkat, terkhusus generasi muda. Dengan menjadi anak – anak bangsa yang unggul  dan berprestasi di tengah persaingan jaman ini, yang semakin kompetitif.

 “Jadi tujuan kegiatan ini, salah satunya,  menanamkan  nilai dan semangat kepahlawanan serta rasa cinta tanah air khususnya dikalangan generasi muda,”pungkasnya.

 Selain itu, kata H.Ngogesa, melalui pelaksanaan napak tilas ini, juga diharapkan menumbuhkan kebangkaan samangat kebersamaan, kekompakan, senasib sepenanggungan yang akan berimbas kepada pengutan jiwa nasionalisme dan  cinta kebabgsaan.

 Selanjutnya, dikisahkan Bupati Langkat, peristiwa BBH terjadi pada 13 agustus 1947  tepatnya 71 tahun silam, kala itu seluruh masyarakat dan pejuang Langkat, bersatu padu menghalangi niat penjajah untuk menguasai tambang minyak, walaupun harta beda, cucuran keringat dan air mata , bahkan darah dan nyawa menjadi gantinya.

“Untuk itu, kita semua sebagai masyarakat Kabupaten Langkat harus memiliki kebanggan, atas peristiwa perjuangan tersebut,imbuhnya.

Ketua panitia acara Musa Pasaribu SPd, pada laporannya, mengucapkan terimakasih kepada H Ngogesa Sitepu SH, yang tidak pernah absen untuk selalu ikut serta mendapingi dan mengiringi kegiatan napak tilas ini, selama dua priode menjabat Bupati Langkat.

 “Setiap tahun acara ini selalu meriah dan sukses, hal ini sebab dukungan penuh dari Bupati Langkat, kami atas nama panitia dan masyarakat Langkat, mengucapakan terimakasih kepada H.Ngogesa, semoga belia dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT,”sampainya.

 dipaparkan,Musa,  lomba napak tilas BBH ini dilaksanakan mulai 12 - 13 agustus 2018 dengan rangkaian kegiatan,  upacara pelepasan lomba napak tilas dan upacara ziarah rombongan di malam hari, malam keakraban dan sarasehan nilai-nilai juang 45 diesok harinya, dilanjutkan kirab pawai karnaval peringatan BBH,   kemudian upacara puncak peringatan Berandan Bumi Hangus Kabupaten Langkat tahun 2018.

 Selanjutnya dijelaskanya, peserta napak tilas mulai berjalan kaki start dari taman makam bahagia Desa Sei Siur Kecamatan Pangkalan Susu menuju finishnya di lapangan bola kaki kampung Baru Kel Brandan Timur Baru Kec Babalan.

Sedangkan jumlah peserta, terdiri dari siswa SLTP dan SLTA, masyarakat umum serta organisasi dan kontingen luar Kabupaten Langkat.

“Dengan rincian peserta SLTP regu berjumlah 35 regu, peserta SLTA regu berjumlah 48 regu, peserta umum dan organisasi berjumlah 23 regu, peserta luar Kab Langkat berjumlah 8 regu berasal dari Kab Aceh Tamiang. Dengan total keseluruhan 115 regu dengan  jumlah peserta 1150 orang,”jelasnya.

 Turut hadir  Unsur Forkopimda Langkat, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKEs MM, Ketua DPRD Langkat Surialam SE, Bupati terpilih  Terbit Rencana PA SE, Assisten II eksbangsos Drs H Hermasyah, para pimpinan SKPD Pemkab Langkat, Camat sekab. Langkat, keluaraga besar angkatan 45 dan legion veteran RI Kab Langkat, Ormas dan OKP Langkat, tokoh agama/masyarakat/pemuda, peserta napak tilas.  (Diskominfo)