Bursa Inovasi Desa 2018, Bupati Langkat : Sebagai Alternative Pembangunan Desa
18 September 2018 - 15:00:17 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat,(Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH diwakili Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM  hadir langsung membuka acara bursa inovasi Desa Kabupaten Langkat, bertempat Gedeng Olahraga (GOR) Stabat, Selasa (18/9).

Dr H Indra pada teks tertulis bimbingan dan arahan Bupati Langkat, menyampaikan, bursa inovasi Desa adalah kegiatan yang merupakan bagin dari tahapan program inovasi Desa yang bertujuan menawarkan kegiatan – kegiatan terkait pembangunan Desa yang dinilai inovatif.

Karenanya  diberharapkan  pada kesempatan ini , agar setiap pemerintah Desa dapat memanfaatkan momen dan even ini, untuk mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan oleh seluruh peserta, kemudian dapat  mengadopsi, serta mampu direplikasi bahkan dikembangkan di Desa masing-masing sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Selain itu, sambung Sekda, program bursa Desa ini, juga bagian dari informasi dan promosi, serta forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, dimaksud  untuk menjembatani kebutuhan pemerintah Desa, akan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternative kegiatan pembangunan Desa, dalam rangka penggunaan DD yang lebih efektif dan inovatif.

Karena bursa inovasi Desa, terang Sekda,  bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan  pembangunan Desa serta memperkenalkan inisitif  atau inovasi masyarakat di Desa- Desa,  dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan dengan mengedepankan  penggalian dan pengelolaan di setiap potensi yang dimiliki oleh Desa, secara arif dan bijaksana  serta memperhatikan dampaknya bagi kelestarian lingkungan.

“Untuk itu saya meminta kepada seluruh SKPD terkait  dan Camat  agar memberikan fasilitas dan ruang yang cukup kepada Desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan program inovasi Desa, agar konstruksi Desa ke depan dapat lebih maju, mandiri dan sejahtera, hingga pelaksanaanya sesuai yang diamanahkan UU,”terangnya.

Sembari  mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada segenap panitia penyelengara, serta semua pihak  yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini.

Kadis PMD Drs Jaya Sitepu ketua pelaksana bursa inovasi Desa, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam  3 bidang, bidang peningkatan insfrastruktur perdesaan, bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, serta bidang peningkataan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Adapun peserta bursa inovasi Desa direncanakan berjumlah kurang lebih 1200 orang,  terdiri dari Kades 240 orang, ketua TP PKK Desa 240 orang, ketua BPD 240  orang, dan undangan lainnya,”sebutnya.

Program ini sesuai dengan  UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, yaitu pemerintah berupaya  meningkatkan kapasitas keuangan Desa baik Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), sehingga Desa diharapkan mampu meningkatkan kemampuanya untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Turut hadir perwakilan DPMD Provsu Timbul SH,  Forkopimda Langkat dan Binjai,  Ketua DPD KNPI Langkat H Rizky Yolanda Sitepu STP, seluruh OPD  dijajaran Pemkab Langkat, pengurus TP PKK dan pengurus DWP Langkat,  ketua IPEMI Langkat, kepala cabang Bank Sumut, Bank BRI Stabat dan undangan lainnya.(Diskominfo)