Langkat Gelar Sepeda Nusantara, Pendaftaran Gratis Hadiah Utama 5 Paket Umroh dan Wisata Nusantara
20 September 2018 - 19:00:40 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menyambut intruksi dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, untuk menggelar Sepeda Nusantara tahun 2018 (sepeda santai) pada Minggu 14 oktober 2018 mendatang.

Menjelang pelaksanana kegiatan tersebut, Dispora Langkat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) kepada unsur panitia yang terdiri dari Polres Langkat, Dishub, Diskominfo , Dinas Kesehatan dan Satpol pp, berlokasi di Resto Cab Ijo Stabat Langkat, Kamis (20/9).

Kadis Pora Drs Mana Wasalwa MAP pada rapat tersebut menjelaskan, bahwa kegiatan sepeda nusantara tersebut, dilaksakan atas kerjasama Menpora RI dan Pemkab Langkat melalui Dipora Langkat. Dirinya sangat bersyukur dan bangga , karena Langkat terpilih sebagai salah satu  pelaksanan sepeda nusantara ini.

Sebab total dari 508 Kabupaten/Kota  se Indonesia hanya 70 Kabupaten/Kota yang melaksanakannya, untuk Sumut sendiri yang terdiri dari 33 Kabupaten/Kota, sebagai pelaksana  hanya  Kota Medan dan Kabupaten Langkat,”terangnya.

“Untuk itu saya sangat berharap kepada seluruh panitia, agar menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan dispilin, demi suksesnya acara sepeda nusantara ini,”pungkasnya.

Masih Kadis Pora, dirinya menerangkan, bahwa selain untuk memeriahkan Haornas ke 73, kegiatan sepeda nusantara ini juga untuk menanggapi intruksi Presiden nomer 1 tahun 2017, tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan ditindaklanjuti dengan peraturan Mentri No.18 tahun 2017, tentang Gerakan Ayo Olahraga.

“Mudah-mudahan bermula dari sepeda santai ini, kedepan kita semua dapat melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas. Karena dengan berolahraga kita akan turut berpartisifasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa sehat dan badan yang kuat,”terangnya.

Selanjutnya, Dra Mana Wasalwa menjelaskan, pendataran “gratis” dibuka untuk umum,  dimulai pada  senin 24 september 2018,  dikantor Dispora Langkat, yang berada di Jl Khairil Anwar No 2 Perkomplekan perkantoran Pemda Langkat, Stabat. Dengan pesyaratan membah poto kopy KTP jika tidak ada dapat digantikan dengan poto kopy Kartu Kelurga (KK).

“Peserta diperkirakan 2000 orang , pemenangnya akan  diberikan hadian utama dari Menpora,  berupa lima paket umroh dan lima paket wisata nusantara, yang akan diundi di Bali oleh Menpora pada 18 oktober 2018 mendatang,”sampainya.

Ditambahkan Kadis Pora, sepeda nusantara  mulai staf dari Jl Proklamasi depan Gedung marga selima menuju  simpang Bupati Langkat, lalu menuju jalan Sudirman, baru setelahnya berbeloka ke simpang Wonosari, dilanjutkan   menuju jalan Secanngang, lalu berbalik arah ke  Pajak Baru Stabat, lalu berbelok dari kesimpang arah benteng sungai wampu,  lalu kembali berputar arah  dari Jl Zainal Arifin menuju kea rah  polres Langkat, setelah itu berbelok ke samping Rumah Dinas Bupati Langkat, melaju mengitari depan Kantor Bupati Langkat, terakhir finishnya di kembali di dapan Gedung Marga Silima.

“Kira – kira jarak perjalananya 12 Km.  sebelum sepeda santai dilakukan senan di lapangan Alun -Alun T Amir Hamzah, selain itu acara juga dimeriah kan dang Lacky draw  dan sejumlah hiburan,”jelasnya.(Diskominfo)