Peringatan Hari Pramuka ke 57, Bupati Langkat : Pramuka Berkomitmen Meningkatkan Kualitas Manusia
28 September 2018 - 19:00:31 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Gerakan pramuka menguatkan komitmen untuk terbinanya watak generasi Indonesia yang tidak hanya trampil, unggul dan cerdas, akan tetapi juga memiliki kepribadian yang luhur, sebagai  kader calon pemimpin masa depan bangsa.

Isi pidato tertulis ketua Kwatir nasional gerakan Pramuka, disampaikan oleh Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH selaku ketua majelis pembimbing cabang gerakan Pramuka Langkat,  melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM selaku  kepala Kwarcab Langkat, saat memimpin upacara peringatan  hari Pramuka ke - 57 tahun 2018, di Alun – Alun T Amir Hamzah Stabat, Jum’at (28/9).

Untuk itu, sambung Sekda, dihimbau kepada publik luas, khususnya kepada para orang tua dan guru, agar tidak ragu-ragu  memberikan kesempatan, sekaligus dukungan kepada putra putrinya, untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

“Sebab pendidikan kepramukaan berdasarkan pada satya dan darma pramuka, yang harus  menjadi pedoman bersikap dan berperilaku dalam keseharian,”tandasnya.

Selain itu, kata Sekda, gerakan pramuka berkomitmen untuk meningkatkan kualitas manusia dengan membekali pendidikan karakter dan kopentensi Iptek berbasis kecakapan.

Selanjutnya untuk menyikapi tahun politik ini,  Sekda berharap, agar anggota Pramuka diseluruh jenjang, dapat memberikan suasana kesejukan, jangan terlibat hiruk pikuk perpolitikan, apalagi terlibat dalam kegiatan politik praktis.

“Saya atas nama kwatir  nasional gerakan pramuka, mengucapkan  terimakasih kepada semua pihak , yang  telah banyak memberikan bantuan  dan kemajuan serta perkembangan gerakan pramuka pada setiap  jenjang kewilayahan,”pungkasnya.

Laporan panitian Drs H Tengku Auzai menjelaskan, nama kegiatan Pramuka kali ini Kemsama yang dirangkaikan dengan  upacara  peringatan hari Pramuka ke 57 tingkat Kwatir cabang Langkat tahun 2018. Sebagai temanya Pramuka Perekat NKRI sedangkan mottonya Satya kudarmakan dan darma kubaktikan.

“Waktu pelaksanaan Kemsama mulai 27 – 28 september 2018,bertempat  dibumi perkemahan Langkat,”terangnya.

Adapun peserta, jelas T Auzai, terdiri dari Penggalang, Penegak, Pandega dan Pembina yang berasal dari Kwatir Ranting se jajaran Kwartir Langkat, dengan jumlah peserta putra 804 orang, peserta putri 1020, pembina putra 50 orang dan pembina putri 50 orang, total 1924 orang.

“Sedangkan pada acara puncaknya yang berhadir kurang lebih 2624 orang, sebab ditambah dari para SKPD Pemkab Langkat, kepala Mabiran, kepala Kwarran, kepala Mabigus,”paparnya.

Acara puncak ditandai pemotongan tumpeng dan penandatangan MoU antara Kwatir Pramuka Langkat dan Dinas Pendidikan Langkat serta penyerahan bendera Marcapala (markas Cabang Pramuka Langkat) oleh dr H Indra kepada Kapusdiklatcab Langkat, sebagai tanda peresmian nama Pusdiklatcab.

Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, satuan komandan TNI/Polri,ketua MUI Langkat, para pimpinan SKPD Pemkab Langkat serta tau undangan lainnya.(Diskominfo)