Langkat Gelar Sepeda Nusantara Diikuti 2000 Peserta
14 Oktober 2018 - 13:00:48 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Kesemarakan yang meriah dan penuh semangat serta antusias dari 2000 lebih peserta, terlihat pada pelaksanaan sepeda nusantara.

Yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora),  bertempat di Etape Alun - Alun T Amir Hamzah Jl Proklamasi Stabat, Langkat, Minggu (14/10).

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM secara langsung melepas peserta sepeda nusantara dari Jl Proklamasi depan Gedung marga selima Stabat.

dr H Indra pada arahan dan bimbingan teks tertulis Bupati, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Kemenpora RI dan para peserta sepeda nusantara yang berasal dari Medan, Deli Serdang, Binjai, Tebing Tinggi dan Batu Bara, di bumi bertuah ini.

"Saya sangat berterimakasih kepada Menpora atas kepercayaan kepada Pemkab Langkat untuk menjadi salah satu dari dua Kab/Kota terpilih  se Semut, untuk menjadi tuan rumah sepeda nusantara. Serta kepada para peserta atas antusiasnya mengikuti kegiatan ini,"sebutnya.

Kegiatan ini, kata Sekda, untuk membudayakan olahraga di Langkat dengan unsur 5 M, yaitu murah, meriah, menarik, masal dan manfaat.

“Mudah-mudahan bermula dari sepeda santai ini, kedepan kita semua dapat lebih bersemangat melakukan olahraga secara  meluas. Sebab dengan berolahraga kita akan turut berpartisifasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa sehat dan badan yang kuat,”terangnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kreatif Kemenpora RI Dr Jhoni Mardizal SPd MM, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Langkat dan semua unsur yang terlibat, atas terlaksananya kegiatan sepeda nusantara yang sangat sukses dan meriah ini. 

"Kami hanya memperkirakan yang hadir 1000 peserta saja, sebab itu kami hanya membawah 1000 kaos untuk peserta, ternyata  yang hadir lebih dari 2000 orang, sangat luar biasa ini,"terangnya

Kegiatan ini, kata Dr Jhoni, adalah upaya pemerintah untuk mengajak rakyat berolahraga karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula, untuk itu terimakasih atas dukungannya.

Sembari memberitahukan total  dari 508 Kabupaten/Kota  se Indonesia hanya 70 Kabupaten/Kota yang melaksanakannya, untuk Sumut sendiri yang terdiri dari 33 Kabupaten/Kota, sebagai pelaksana  hanya  Kota Medan dan Kabupaten Langkat.

"Selain Langkat ada juga Tebu, Malang, Tarokan yang hari juga melaksanakan sepeda nusantara,"tambahnya.

Kadis Pora Drs Mana Wasalwa MAP menyampaikan laporan panitia, sepeda nusantara selain untuk memeriahkan Haornas ke 73, kegiatan sepeda nusantara ini juga untuk menanggapi intruksi Presiden nomer 1 tahun 2017, tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan ditindaklanjuti dengan peraturan Mentri No.18 tahun 2017, tentang Gerakan Ayo Olahraga.

"Kegiatan ini bertujuan menggerakan, mengajak, menggelorakan dan menarik masyarakat untuk bergaya hidup sehat melalui aktifitas olahraga bersepeda, serta memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat,"jelasnya.

Untuk rute sepeda nusantara ini, sambung Kadis Pora, mulai start dari Jl Proklamasi depan Gedung Marga Selima menuju  simpang Bupati Langkat, lalu menuju jalan Sudirman, baru setelahnya berbelok ke simpang Wonosari, dilanjutkan   menuju jalan Secanggang, lalu berbalik arah ke  Pajak Baru Stabat, setelah itu  berbelok  ke simpang arah benteng sungai wampu,  lalu kembali berputar arah  dari Jl Zainal Arifin menuju ke arah  polres Langkat, setelah itu berbelok ke samping Rumah Dinas Bupati Langkat, melaju mengitari depan Kantor Bupati Langkat, terakhir finishnya kembali di dapan Gedung Marga Silima.

"Jarak perjalanan sepeda nusantara ini, kira – kira sejauh 12 Km,"terangnya.

Untuk dasar pelaksanaanya, sebut Kadis Pora, SK Kemenpora No: 4.261.1/D.III.2/IV/2018 26 april 2018 tentang penyelenggaraan Rakornis sepeda nusantara 2018. SK Menpora RI No: D.6.25.I/D.III.2/IV/2018 26 juli 2018 tentang panitia pelaksana kesiapan sebagai tempat pelaksanaan sepeda nusantara 2018. SK Bupati Langkat No: 426.05-36/K/2018 2 juli 2018 tentang pembentukan panitia kegiatan sepeda nusantara.

Turut serta rombongan Kemonpora RI,  Unsur Forkopimda plus, para kepala OPD dan Pemkab Langkat dan peserta sepeda nusantara. (Diskominfo)