PIK-R Program Unggulan, Membina Generasi Muda
15 Oktober 2018 - 16:00:51 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat menggelar apel gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN)  dijajaran Pemkab Langkat, dihalaman kantor Bupati Langkat Stabat, Senin (15/10).

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH pada bimbingan dan arahanya melalui teks pidato tertulis, menyampaikan, pemerintah melalui BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluaraga  Berencana)  membuat proram Genre (Generasi Berencana)  yang menjadi salah satu subtansi materi kelompok pusat informasi dan konseling remaja.

Yaitu suatu program  dimana didalamnya terdapat tentang bagaimana menjadi Bina Keluarga Remaja (BKR), peran orang tua dalam membantu anak remajanya, serta menciptakan generasi remaja yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berprilaku sebagai remaja, untuk menyiapkan dan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga.

“Tujuannya agar Remaja dan pemuda Genre mampu melangsungkan jenjang- jenjang Pendidikan, secara terencana dan menikah dengan  penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,”terangnya.

Untuk itu, lanjut Bupati Langkat, dimintakan kepada semuanya,    memberikan dukungan untuk program dan binaan yang sasaranya kepada remaja, seperti halnya program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK), yang menciptakan generasi bangsa muda melalui Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang menjadi program unggulan, guna membina dan menjadikan generasi bangsa muda terbebas dari seks pranikah, pernikahan dini dan narkotika.

“Selain itu keluarga dan lingkungan sangat berperan penting  untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas baik, oleh karenanya juga turut diminta perannya,”sebutnya.

Sebelumnya, dikatakan H Ngogesa, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Perempuan, Perlindungan Anak Kabupaten Langkat, telah membentuk 40 kelompok pusat informasi dan konseling remaja baik berbasis pendidikan maupun sekolah, diharapkan agar kelompok ini terus dikembangkan melalui pembinaan.

“Sebab diyakini  kelompok ini, telah mampu menekan kasus – kasus kenakalan remaja,,”tuturnya.

Hal ini, sambung Hermasyah, sesuai dengan misi Pemkab Langkat yaitu memperkuat pemberdayaan perempuan dan memabangun sosial politik kesejahteraan sosial dan perlindungan terhadap anak, bertujuan dengan kebijakan ini diarahkan dapat meningkatkan taraf pendidikan dan layanan kesehatan serta bidang pembangunan lainnya.(Diskominfo)