TMMD 2018 Bangun Desa Lebih Sejahtera
15 Oktober 2018 - 17:00:12 WIB,    yuda - DISKOMINFO
Langkat, (Diskominfo)
 
Kondim 0203/Langkat menggelar upacara  pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke - 103 di Desa Mekar Jaya Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, Senin (15/10).
 
Staf Teritorial Kodim 0203/Langkat Kapten Inf A Bustami menjelaskan, bahwa Dandim 0203/Langkat Letkol (Inf) Deni Eka Gustiana selaku pengendali oprasional kegiatan. Untuk pelaksanana TMMD kali ini bertema manunggal rakyat dalam mewujudkan Desa yang maju , sejahtera dan demokratis.
 
“Maksudnya, TMMD sebagai salah satu wujud oprasi bakti TNI yang merupakan program terpadu, lintas sektoral yang dilaksanakan secara terintrigitas bersama masyarakat, untuk membangun daerah yang tertinggal”ujarnya.
 
Tujuannya, kata Kapten Inf A Bustami, diharapkan melalui kegiatan TMMD dapat membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat akselerasi pembangunan daerah, juga diharapkan, masyarakat semakin menyadari bahwa pembangunan merupakan tanggung jawab bersama.
 
“Maka pelaksanaan TMMD ini,  melihat sasaran daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil serta ditingkat pendidikan masyarakat yang relatif rendah,”terangnya.
 
Selanjutnya, diterangkan Staf Teritorial Kodim 0203/Langkat , TMMD ini dilaksanakan selama 30 hari dimulai dari 15 oktober sampai 13 nopember 2018 di Desa Mekar Jaya dan Desa Palu Pakih Kec Wampu,  dengan  giat pekerja pisik dan non pisik oleh TNI Polri dan masyrakat sekitar dengan cara gotong royong.
 
“Untuk melakukannya TNI telah menyiapkan sejumlah alat-alat diantaranya excavator 2 unit, grader 1 unit, bomax 1 unit, dump truk 2 unit, bor listrik 1 buah, toolkit tukang kayu 2 buah, toolkit tukang batu 1 buah, toolkit tukang listrik 1 buah, cangkul 30 buah, chan saw 2 buah, sekop 7 buah, linngis 5 buah, bogem/martil besar 2 buah dan rol siku besi 4 buah,”paparnya.

 Adapun pasilitas umum yang dibangun dan direhab sambung Staf Teritorial Kodim 0203/Langkat, di Desa Palu Pakih yaitu pembentukan dan perbaikan badan jalan sepanjang 5000 m X 6 m, rehab lantai jembatan ukurang 10 m X 6 m di dususn I Makmur, pembutan jembatan ukuran 10 m X 5 m di Dusun  I Makmur, rehab masjid al-waqiah di dudun III Benteng,  rehab musholla al-jihad di dusun VII berseri, rehab TPA ar-ridho sebanyak 2 lokal di dusun VI, pembuatan gorong – gorong ukuran 1m x 6 m, pembuatan Pos Kamling 3 m X 2m. Sedangkan didesa Mekar Jaya rehab masjid  baiturahman di Dusun VIII, rehab TPA Al- zadtin an-har sebanyak 3 lokal di Dusun VII, pembuatan Pos kamling ukuran 3 m x 2 m.

“Untuk kegiatan kegiatan non fisik  sosialisasi penerimaan parjurit TNI di SMA N Wampu, penyuluhan bela negara di balai desa Paluh Pakih, penyuluhan wawasan kebangsaan di balai desa Mekar Jaya, penyuluhan pertanian di balai Desa Palu Pakih, penyuluhanm peternakan di Desa Mekar Jaya, penyuluhan hokum, narkoba dan Kamtibnas di balai desa Paluh Pakih, penyuluhan kesehatan, pelayanan KB dan pengobatan gratis di Lapangan sepak bola Desa palu Pakih, ceramah agama di masjid atau balai Desa palu pakih,”paparnya.(Diskominfo)