Bupati Langkat Lantik 614 Anggota BPD Terpilih Se-Langkat Hulu “Visi Dan Misi BPD Harus Sejalan Dengan Kades”
06 November 2018 - 15:38:50 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH secara langsung meresmikan dan mengambil sumpah/janji anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih se Langkat Hulu priode 2018-2024, bertempat di Lapangan Bola Kaki Polsek Kuala, Selasa (6/11).

Bupati Langkat pada arahan dan bimbingannya, menegaskan, nantinya BPD dalam kedudukannya harus mempunyai visi dan misi yang sejalan dengan Kepala Desa (Kades), sehingga BPD  tidak memiliki  kapasitas yang dapat menjatuhkan Kades, yang sebelumnya telah dipilih secara demokratis oleh masyarakat.

“Namun,  BPD  harus tetap melakukan fungsinya, sebagai pengawas kinerja Kades, guna memastikan Kades melaksanakan pemerintahan Desa, sesuai dengan ketentuan Perdes yang sebelumnya telah disepakti bersama, dimana tujuanya sebagai aplikasi dari penjabaran visi dan misi Kades itu sendiri,”terangnya.

Sebab salah satu fungsi BPD, sambung Bupati, adalah membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa (Perdes), dimulai dari penyiapan Perdes  tentang RPJM -Des, RKP-Des, APB-des sampai dengan Perdes yang berkenaan dengan kebijakan-kebijakan strategis Desa, dalam mengembangkan segala potensi dan kearifan Desa, yang sebelumnya diambil melalui penyaringan berbagai aspirasi dari masyarakat.“Karena BPD dan Kades sama-sama memilki fungsi strategis dalam menyiapkan kebijakan pemerintahan Desa,”paparnya.

Selanjutnya H Ngogesa mengucapakan terimakasih kepada BPD priode 2012-2018 atas darma baktinya dan kerja kerasnnya selama ini dalam membangun Desa dan kepada seluruh pemerintah Desa dan panitia pengisian BPD priode 2018-2024. Serta mengucapakan selamat kepada seluruh BPD priode 2018-2024 terpilih yang telah diambil sumpah janjinya.

“Masyarakat telah memberikan kepercayaannya  kepada bapak/ibu semuanya, sebagai wakil mereka di Desa, untuk itu jagalah kepercayaan itu, dengan menjalankan tugas  dengan amanah, sesuai dengan kewenangan dan  fungsinya.  Perlu diingat, amanah ini akan  dipertanggung jawabankan didunia dan diakhirat,”tegasnya mengingatakan.

Kadis PMD Langkat Drs Jaya Sitepu dalan laporannya, menjelaskan, anggota BPD terpilih se Langkat Hulu yang diamil sumpah/janjinya berjumlah 614 orang, dengan rincian BPD keterwakilan perempuan sebanyak 100 orang dan BPD keterwakilan Dapil sebanyak 514 orang.“Maksud dan tujuan pelaksanaan peresmian dan pengambilan sumpah/janji anggota BPD terpilih ini, dalam rangka melaksanakan ketentuan pasal 58 ayat 2 dan 3 UU No:6 tahun 2014 tentang Desa,”paparnya.

Camat Kuala H Romarlan Harahap SH selaku tuan rumah acara, mengucapkan selamat datang kepada Bupati Langkat dan Bupati Langkat terpilih serta kepada seluruh tamu undangan, atas kehadirannya.

“Saya juga memohon maaf apabila terdapat kekurangan disana sininya dalam penyambutan ataupun penyedian tempat, yang dirasa kurang berkenan dihati,”sebutnya.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM,  Bupati terpilih Terbit Rencana PA SE, ketua DPRD Langkat Surialam SE, unsur Forkopimda Langkat, para asisten dan staf ahli Bupati, para kepala OPD Pemkab Langkat, ketua KNPI Kabupaten Langkat, para Camat dan unsur Forkopim se Langkat Hulu, Kades dan anggota BPD priode 2018-2024 se Langkat Hulu.(Diskominfo)