Gala Desa Ke 2 Dan Turnamen Sepak Bola Piala Bupati Langkat Ke 17, Resmi Dibuka, H Ngogesa : Upaya Pemkab Langkat Melahirkan Atlit Berbakat Dari Pelosok Desa
07 November 2018 - 18:08:20 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH  secara langsung membuka acara Gala Desa dan Turnamen sepak bola piala Bupati Langkat tahun 2018, bertempat di lapangan bola Alun -Alun T Amir Hamzah, Stabat, Rabu (7/11).

Perwakilan Kemenpora RI Drs Edi Nurinda Susila MSi selaku Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi Kesehatan Olahraga Kemenpora RI, yang turut hadir, pada sambutannya, menerangkan, Gala Desa ini adalah program pemerintah pusat, bertujuan untuk menciptakan kebugaran dan kesehatan serta meningkatkan minat dan bakat generasi muda  dan seluruh masyarakat Langkat untuk selalu berolahraga dalam kesehariannya.

“Selain itu, kegitan ini juga sekaligus dari rangkain kegiatan  memperingati hari pahlawan nasional 10 november,”terangnya.

Sembari mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Langkat atas sambutan kehadirannya yang untuk pertama kalinya dibumi bertuah, serta kesuksesannya dalam menyelagarakan Gala Desa ini,  dengan sangat meriah dan semarak.

Bupati Langkat dikesempatan yang sama pada sambutannya, mengatakan, bagi Pemkab Langkat sendiri, tujuan kegiatan ini selain menjadikan olahraga gaya hidup, sekaligus untuk menemukan bibit pontesial atlit berbakat dari Desa.

“Hal ini sebagai upaya keseriusan Pemkab Langkat  untuk kembali melahirkan atlit, yang nantinya  akan mengharumkan nama Daerah, serta maningkatkan marwah Indonesia,  baik di event olahraga tingkat nasional dan internasional,”pungkasnya.

Sebab menurut Bupati,  mungkin saja  selama ini, banyak anak bangsa yang berada jauh didaerah terpencil, namun memiliki bakat kemampuan dan ketrampilan berolahraga yang baik, namun belum terpantau dan terekspos oleh pemamdu bakat.

Selanjut Bupati Langkat mengucapkan terimakasih kepada Kenmempora RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab Langkat, dimana sebelumnya telah melaksanakan sepeda Nusantara  tahun 2018 dan kembali dipercayakan  untuk menyenggarakan Gala Desa untuk kedua kalinya, secara berturut turut.

“Hal ini merupakan kehormatan  yang sangan berarti bagi kami masyarakat Langkat,  dan kami menilai hal ini sebagai bukti dari perhatian pemerintah pusat khusunya Kemenpora RI, terhadap perkembangan olahraga Langkat, yang begitu luar biasa,”ujarnya.

Untuk itu kepada kepala SKPD terkait, unsur panitia, KONI Kabupaten Langkat dan seluruh peserta untuk bersama menjaga kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya,”tambahnya.

Kadis Pora Langkat Dra Manna Wasalwa Lubis MAP pada laporannya, Gala Desa ini adalah program Kemenpora RI yang dalam pelaksanaannya dipercayakan Pemkab melalui Dispora Langkat, adapun dasar pelaksanaanya surat Kemepora RI No:8.1.1/D.III.1/VIII/2018 tentang penunjukan Kabupaten Langkat sebagai peyelenggara Gala Desa 2018.

“Pelaksanaan Gala Desa ini disatukan dengan turnamen sepak bola piala Bupati Langkat ke 17 tahun 2018, yang dimulai  7 sampai 22 november 2018, dipusatkan di lapangan T Amir Hamzah Stabat,”paparnya.

Untuk peserta pada kegiatan ini, kata Kadis Pora,  diikuti oleh 2210 orang terdiri dari atlit pelatih dan official, yang berasal dari perwakilan 23 Kecamatan dan 277 Desa/Kelurahan se Langkat.

“Untuk turnamen sepak bola ini diikuti oleh pelajar tingkat SD, untuk Gala Desa melaksanakan 4 cabang olahraga yaitu Bola Voli, Sepak Takraw, Atletik dan sepak bola,”terangnya.

Diacara tersebut juga dilaksanakan penyerahan paiala  Gala Desa oleh Perwakilan Kemenpora RI Drs Edi Nurinda Susila MSi kepada Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH  selanjutnya diserahkan kepada Kadis Pora Langkat Dra Manna Wasalwa Lubis MAP.

Turut hadir Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin Mkes MM,  unsur Forkopimda Langkat, para asisten dan staf ahli Bupati, para kepala OPD Pemkab Langkat, para Camat se Langkat, ketua KONI Langkat, peserta dan undangan lainnya.(Diskominfo)