TP PKK Evaluasi Desa Percontohan Provsu, Kunjungi Langkat
16 November 2018 - 21:13:07 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Tim Penggerak  (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara, berkunjung ke Kabupaten Langkat, dalam rangka melaksanakan evaluasi Desa/Kelurahan, pada  pelaksanaan 10 program pokok PKK, terkait dengan 5 kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Jum’at (16/11).

Kunjunga tersebut  di dua Desa percontohan Kabupaten Langkat, yaitu Desa Mangga Kecamatan Stabat, sebagi Desa percontohan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, dan  Desa Sekoci Kecamatan Besitang, sebagai  Desa percontohan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Ketua evaluasi TP PKK Provsu Kania, mengucapakan selamat kepada Desa Mangga dan Sekoci, karena telah masuk nominasi tahap evaluasi tingkat provinsi.

“Semoga setelah ini, bisa mendapatkan juara dan menjadi perwakilan Sumut, untuk tingkat nasional,”ujarnya.

Dijelaskan Kania, saat ini secara serantak 10 tim gabungan TP PKK dan Dinas OPD terkait dari provinsi, sudah memasuki nominasi 5 kegiatan lomba,  yaitu tertib administrasi, Paar, UP2K PPK, Hatinya PKK dan Iva Tes. Dari hasil evaluasi ini akan diperoleh juara 1 sampai harapan 3 untuk kabupaten, sedangkan untuk kota hanya sampai juara 3.

“Adapun maksud dan tujuan dari tahap evaluai ini, untuk mencari juara I tingkat provinsi yang akan mewakili Sumut  lomba di tingkat nasional. Untuk itu diminta kepada seluruh tim evaluasi dari provinsi , untuk melihat dan menilai sacara instrument dari TP PKK Pusat,”sebutnya.

Ketua evaluasi desa percontohan Kabupaten Langkat Ny Indra Salahudin, pada sambutanya, mengatakan, Desa percontohan  PKK bukan hanya untuk menari desa terbaik saja, namun bertujuan untuk memacu dan mempercepat proses pembangunan di desa, serta memacu  masyarakat agar lebih mengenal masalah dan mengabil alternative tindakan dalam mengatasi masalah.

“Untuk itu diharapkan kepada desa Mangga agar memaksimalkan program UP2K di desanya, agar menjadi contoh kepada desa lain yang ada di Langkat, begitupun kepada desa Sekoci agar juga memaksimalkan program Hatinya PKK,”harapnya.

Program ini juga  untuk menilai kebersihan dan partisipasi masyarakat dalam mendukung dan memberhasilkan pembangunan Desa,”tambahnya.

Kadis PMD Drs H Jaya Sitepu, menjelaskan, pembinaan UP2K yang selama ini, dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan  para kader, sehingga menumbuhkan kelompok – kelompok  usahan ekonomi masyarakat.

“Serta   pra koprasi dalam rangka peningkatan pendapataan /taraf ekonomi keluaraga dan masyrakat, yang bedrampak pada peningkatan kesejahteraan,”jelasnya.

Sedangkan melalui Hatinya PKK, kata Jaya, diharapkan masyarakat sadar untuk mengelola halaman atau pekarangan rumahnya, agar Asri dan teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyaman bagi penghuninya.

“Selain itu pemanfaat pekarangan dapat dijadikan lumbung hidup seperti penanaman sayur mayur, pembuatan kolam ikan , atau bertenak sebagai sumber protein,”jelasnya kembali.

Terut hadir Frokopim Kecamatan, Kades dan Lurah, ketua dan pengurus TP PKK Desa/Kelurahan, tokoh masyarakat/agama/ pemuda, serta tamu undangan berhadir.(Diskominfo)