Kader PPKBD Dan Sub PPKBD Diminta Tingkatkan Pembinaan Di Kampung KB
19 Desember 2018 - 17:54:01 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, menghadiri acara penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama para kader PPKBD dan Sub PPKBD, di Taman Mini Wisata Langkat Lingkungan II Ara Tunggal Kel. Pekan Selesai Kec.Selesai Kab Langkat,Rabu (19/12).

dr H Indra pada arahan dan bimbinganya, berharap agar eksistensi para kader PPKBD dan sub PPKBD dapat ditingkatkan,  sehingga peran sertanya ditengah masyarakat dapat diperhitungkan dalam membantu pemerintah, khususnya dalam bidang para peserta program KKBPK beserta seluruh kepala OPD dan pihak  terkait.

“Sebab para kader PPKBD dan Sub PPKBD adalah kader desa yang mempunyai tugas membantu tersebarnya informasi KB ke masyarakat dan membantu dalam menciptakan pembangunan keluarga sejahtera para kader PPKBD dan SUB PPKBD juga berperan dalam melakukan penyuluhan, pembinaan pelayanan KB, membina kelompok catur bina, serta membantu melakukan penyuluhan kepada akseptor KB,”tuturnya.

Sekda dikesempatan itu, mengatakan, sebagai wujud dukungan Pemkab Langkat atas program ini, minta agar kader PPKBD dan SUB PPKBD melakukan dan meningkatkan pembinaan di desa kelurahan, yang telah dicanangkan sebagai kampung KB.

“Karena kita berharap kampung KB yang sudah terbentuk, dapat menjadi sasaran kerja seluruh sector, sehingga secara perlahan kemajuan sumber daya manusia di desa atau kampung tersebut semakin lebih meningkat,”ujarnya.

Sembari mengucapkan terimaksih, atas kerja keras dan sikap keperdulian seluruh kader PPKBD dan sub PPKBD, yang tanpa pamrih telah membantu pemerintah, khususnya dalam mendukung program KKBPK.

Ketua TP PKK Langkat Ny Hj Nuriadah Ngogesa, dikesempatan yang sama, mengatakan, keberhasilan KKBPK di kabupaten langkat, di tandai dengan telah tercapainya beberapa indikator program KKBPK iutu sendiri, diantaranya telah menurunnya angka kelahiran Total Fertility Rate (TFR) menjadi 2,56 dengan laju pertumbuhan penduduk menjadi 0,66.

“Karena hal tersebut saya sangat mengaprsiasi sekali, sebab Saya yakin meningkatnya pencapaian peserta Kb aktif dan KB baru, dalam penggunaan alat kontrasepsi jangka panjang (MKJP), tidak terlepas dari peran para kader PPKBD dan Sub PPKBD, yang sebagai ujung tombak dan motor penggerakan pelaksanaan program KKBPK dilini lapangan,”terangnya.

Ketua KNPI Langkat  H. M Rizky Yolanda Sitepu STP, mengatakan,  dengan terintegrasinya semua pihak dalam membangun kampung KB, maka diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan langsung di rasakan oleh masyarakat, salah satunya mempercepat pengentasan kemiskinan pada kehidupan keluarga pra sejahtera.

“Maka dengan hal itu, keluarga besar KNPI Langkat sangat mendukung program ini,”sebutnya.

Kadis PPKB dan PPA Langkat Hj Purna Dewi Tarigan SH ,menerangkan,  agar para kader terus meningkatkan kemampuan dalam pencapaian program KKBPK, serta jadikan tugas tersebut sebagai lahan ibadah, yang tentunya akan memberi manfaat bagi masyarakat kabupaten langkat.

“Untuk  mempersiapkan generasi yang lebih sehat dan kuat, baik secara fisik maupun mental,”tegasnya.

Turut hadir para Asisiten dan Staf Ahli Bupati Langkat,Ibu Bupati Langkat terpilih Ny Tio Rita Terbit Rencana, para pimpinan OPD Pemkab Langkat, para camat se - Kabupaten Langkat,  para pengawas pelayanan KB Kecamatan se – Kabupaten Langkat, para narasumber dalam kegiatan ini, para kader PPKBD dan Sub PPKBD serta hadirin sekalian.(Diskominfo)