PMKK Langkat Gelar Tablig Akbar Dan Sunatan Masal Serta Sosial Budaya.
16 Januari 2019 - 16:00:51 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM menghadiri acara tablig akbar dan kegiatan sosial budaya Paduan Masyarakat Kulawarga Kalimantan (PMKK) Kabupaten Langkat , di rumah Adat  Kalimantan  Banjar Bertuah Lampau Banua Komplek Perkantoran Pemkab Langkat, Rabu (16/1).

Adapun kegiatan sosial budaya  yaitu mengayun anak dan sunatan masal serta hiburan madihin yaitu seni budaya masyarakat banjar, sekaligus serangkaian dengan peringatan HUT Langkat ke 269  tahun.

Sekda pada sambutanya, mengatakan, kegiatan ini adalah adat kebudayaan masyarakat banjar, yang selalu hidup dalam kebersamaan, yang didalamnya terdapat nilai sosial yang mencontohkan untuk  saling membantu dan peduli bagi kalangan yang kurang mampu.

“Untuk itu, atas prakarsa dan gagasan ini, yang selalu digelar menjalang HUT Langkat, saya ucapkan terimakasih kepada jajaran pengurus PMKK Langkat, semoga niatan yang baik hari ini dan pada masa – masa sebelumnya, senantiasa tercatata di sisi Allah SWT sebagai amal shaleh,”tuturnya.

Sembari menyampaikan ucapan terimakasih Bupati Langkat, kepada masyarakat banjar yang tergabung dalam PMKK Langkat, sebab selama ini selalu  memberikan arti bagi kesejahteraan lahir dan batin terutama dalam meralisasikan sisi religius maupun pertanian di kabupaten Langkat.

Ketua PMKK Langkat  H Bahrum Jamil MPd I, menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini setiap tahunnya diadakan, selain untuk membantu sesama, juga untuk menguatkan tali silaturahmi dan mengumpulkan 14 etnis  yang ada di Langkat untuk duduk bersama, agar kerukunan antara etnis dan umat beragama terus terjaga di negri bertuah ini.

“Serta agar budaya kalimantan dan tradisi mengayunkan anak, terus terjaga dan lestasri sampai keanak cucu dimasa dapan nanti,”imbuhnya.

Mansyur SAG MA selaku ketua panitia acara, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, yang telah ikut membantu hingga terlaksananya kegiatan ini, baik berupa bantuan moral maupun moril.

“Kami sangat mengucapkan terimkasih kepada Bupati Langkat dan Pemkab Langkat, atas dukungan dan bantuannya,”sebutnya.

Pada kegiatan sosial budaya kali ini, terang Mansyur, sebanyak 70 orang anak yang mengikuti sunat masal, sedangkan untuk anak yang diayunkan ada sebanyak 60 orang anak.

Turut hadir unsur Forkopimda Langkat, ketua MUI Langkat, para pejabat TNI/Polri, tokoh agama/masyarakat/etnis dan para pimpinan Ormas Langkat, ketua KNPI Langkat, Ustadz Zubir SPd I, rombongan kesenian Madihin provinsi Kalimantan Utara,unsur pengurus PMMK Langkat serta tamu undangan lainnya.(Diskominfo)