Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Tahun 2020, Dibuka
22 Januari 2019 - 15:00:04 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui Bappeda Langkat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Selasa (22/1).

 

Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH diwakili oleh Staf Ahli Bid. Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Drs Mulyono M.Si, pada sambutannya, mengatakan pelaksanaan proses Musrembang untuk perencanaan tahun 2020,  harus mempergunakan  visi Bupati terpilih, yaitu terwujudnya masyarakat yang maju, sejahtera dan religius berwawasan lingkungan.  

 

Oleh karena itu, kata Mulyono, RKPD tahun 2020 harus lebih cermat dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat Langkat secara tepat dan stategis.

 

“Guna mewujudkan  Visi dan Misi Bupati Langkat priode 2019-2024,”pungkasnya.

 

Selain itu, sambung Mulyono, penyusunan RKPD juga harus mengacu pada sistem perencanaan nasional, maka RKDP 2020 yang akan direncanakan diharuskan merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan RPJP Nasional, RPJM Nasional dan  RKP tahun 2019 serta  RPJPD Provsu, RPJMD Provsu, dan RKKPD Kabupaten Langkat tahun 2019.

 “Terutama dilihat dari keterkaitan prioritas pembangunan kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilakasanakan tahun 2020,”paparnya.

 

Selanjutnya pada sisi lain, masih Mulyono,  dalam penyusunan RKDP 2020 Pemkab Langkat akan mengakat 6 prioritas pembangunan dengan tujuan utama peningkatan kesejahteraan masyarakat, sebagai hasil dari form Group Discussion teknokratik RPJMD 2019-2014.

“Yaitu meningkatkan kualitas pelayan publik dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif. Mewujudkan kemandirian dengan menggerakan sektor-sektor  strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing di pasar internasional. Pemerataan pembangunan sampai ketingkat Desa, meningkatkan kualitas hidup manusia. Meningkatkan ketentraman , ketertiban dan kenyamanan. Meningkatkan kerukunan masyarakat dengan mengangkat kebudayaan lokal dan kesetaraan gender,”paparnya.

 

Sekretaris Bappeda Langkat Ir H Harianto pada laporan panitia, menjelaskan, konsultasi publik ini dimaksud  untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas  dan sasaran pembangunan tahun 2020.

“Untuk  menjadi media pembentukanm komitmen  seluruh stake holder dalam keterkaitan  dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaaan dan pengawasan,  serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan  dalam tahapan penyusunan RAPBD,”terangnya.

Turut hadir Ketua DPRD Langkat, para pejabat OPD di Pemkab Langkat, Narasumber dari Bappeda Provsu dan BPS Langkat, unsur Forkopimda Langkat, pimpinan komisi serta anggota DPRD Langkat, pengurus TP PKK dan DWP Langkat,Camat se Langkat, perwakilan perguruan tinggi dan tokoh masyarakat/etnis/pemuda serta forum anak Langkat, tamu undangan turut hadir lainnya.(Diskominfo)