Study Banding Pemkab. Sergai Ke Pemkab. Langkat Terkait Integrasi E-planning Dengan E-budgeting Di Langkat Command Center .
04 Februari 2019 - 14:14:15 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten Serdang Berdagai (Sergai) melakukan kunjungan kerja studi/banding ke Pemerintah Kabupaten Langkat terkait pelaksanaan integrasi aplikasi e-planning dengan e-budgeting yang sudah berjalan di Langkat. Pada kesempatan ini para tamu di jamu di ruangan Langkat Command Center (LCC) kantor Bupati Langkat, pada pukul 09.00 WIB. Hadir dari pihak Pemkab. Sergai , Bapak Kaharuddin Asisten II Ekbangsos, Bapak Sariful Azhar Kabag. Ekbangsos, Ibu Rahmi Halida Bagian Perekonomian, Bapak Reza Firmansyah Dinas PUPR, Bapak Mhd. Fadhil, Isa Kabid egov diskominfo, Bapak Budi Dawaris dari Bappeda.  

Kedatangan para tamu dari kabupaten tetangga serumpun tersebut di sambut oleh Bapak Drs. Mulyono, M.Si. Staf Ahli Bupati Langkat bidang pembangunan ekonomi dan keuangan., Kadis Kominfo Bapak H. Syahmadi, S.Sos, M.SP., Sekretaris Dinas Kominfo Bapak Wahyudiharto, S.STP., Sekretaris Bappeda Bapak Ir. H. Hariyanto, Kabid Ekonomi Bappeda Bapak Ilhamsyah Bangun, ST., Sekretaris BPKAD Bapak Agus Suryabakti, S.Sos., Kabid Anggaran BPKAD Muhammad Efendi Matondang, SE., Ka. Bapenda Ibu Dra. Mulyani, S., Kabid Pendataan dan Penetapan Bapenda Deddy Sutono, S.STP, M.Si., Kabid Pengembangan Teknologi Aplikasi Informatika diskominfo Bapak Ade Audia helmi, ST., Kasi infrastruktur Diskominfo Bapak Ibadi Rahman Pohan, S.Kom., bersama Kasi Keamanan Informasi Diskominfo Bapak Muhammad Faisal, SE, M.I.Kom, dan Kasi Aplikasi Diskominfo Bapak Firdaus, ST.

Tim dari Pemkab Sergai berdiskusi dan bertukar berbagai informasi, serta ingin melihat dan mempelajari atas integrasi e-planning dan e-budgeting yang sudah dilakukan Langkat. Terintegrasinya sistem perencanaan dan keuangan merupakan salah satu parameter utama dalam pelaksanaan pemerintahan yang bersih dan transparan serta cepat. Untuk itu kedua instansi berkomiten untuk terus menyempurnakannya, salah satunya dengan cara bersinergi dan diskusi dengan daerah lain. Hal ini juga perwujudan rencana aksi pencegahan korupsi di Sumut yang di kawal langsung oleh KPK wilayah Sumut dalam bentuk koordinasi dan evaluasi setiap tahun.

Pada kesempatan itu Dinas kominfo langkat melakukan paparan tentang LCC dan integrasi aplikasi yang sudah berjalan di dalamnya, sebagai pusat komando terkait pelaksanaan e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat. 

Pemkab langkat melalui Bapak Staf Ahli bidang  Pembangunan ekonomi dan keuangan berterima kasih serta menghargai kunjungan dari Pemkab Sergai ini. Hal ini merupakan moment pembuka tali silaturahmi dan kerjasama yang manis antar kedua instansi yang bertetangga dan serumpun. Kedepannya kedua instansi berkomitmen untuk saling berkoordinasi, berkerja sama serta bersinergi untuk memajukan dunia birokrasi di era digital yang sarat dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada daerahnya masing-masing yang bermanfaat untuk masyarakat.

Di akhir acara kedua instansi saling bertukar cenderamata berupa plakat daerah masing-masing, sebagai tanda persahabatan. Acara berakhir setelah zuhur dan setelah jamuan makan siang di rumah dinas Bupati Langkat. (04/02/2019).(Diskominfo)