Bupati Langkat Resmi Membuka MTQ Ke-52 “Jadilah Generasi Bangsa, Yang Tidak Meninggalkan Nilai Al-Qur’an”
12 Februari 2019 - 14:51:16 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Gemuru takbir  bersahutan dengan syahdu dan penuh semangat, mengeratkan beragam suku dan budaya, menjadi ikatan toleransi yang indah.

Menjadi tanda, saat  Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH,  melahfazkan Al -Basmalah , untuk secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- 52 Kabupaten Langkat tahun 2019, dengan ditandai penekanan tombol alaram, di Lapangan Bola Kaki Perkebunan Tanjung Keliling,  Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Senin malam (11/2) bertepatan 6 jumadil akhir 1440 H, sekitar pukul 20:30 wib.

Bupati Langkat, pada sambutanya, mengatakan, event MTQ ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah, dalam membina potensi generasi muda, untuk menjadikan generasi beriman, berilmu dan berkahlak.

“Untuk itu, komitmen ini harus sama kita jaga dan lestarikan, sebagai tanggung jawab setiap kita selaku orang tua maupun pribadi,”tegasnya.

Hal ini, kata Bupati, sesuai dengan tujuan tema kegiatan,  yakni ‘bersama al qur’an kita wujudkan masyarakat yang maju, sejahtera, dan religius’. Sebab  untuk mewujudkan kemajuan, serta mencapai kesejahteraan lahir dan batin para generasi bangsa, harus hidup dengan mengikuti petunjuk  al – qur’an.

“Karena segala persoalan kehidupan dunia dan akhirat, jawabannya ada pada al – qur’an, sebab al – qur’an mengajarkan bagaimana membentuk pribadi masyarakat yang berakhlak, tidak saja kepada sesama agama, akan tetapi juga kepada orang yang berlainan agama, sesuai dengan dasar negara Bhineka Tungga Ika, ”terangnya.

Untuk itu, Bupati berharap, kepada para peserta musabaqah, untuk meraih prestasi terbaik dalam kehidupannya, dengan tidak meninggalkan nilai-nilai al-quran.

Selanjutnya bupati juga berharap kepada dewan hakim, agar terus menjaga martabat sebagai dewan hakim yang jujur, adil tanpa memihak, sebab pertanggung jawaban tugas yang di emban, akan dipertanggung jawabkan didunia  dan  akhirat.

Selain itu, Bupati Langkat, juga mengucapkan terimaksih kepada  seluruh kepanitiaan dan  tuan rumah, kepada presiden direktur PT.LNK dan seluruh jajarannya, serta kepada semua pihak, yang telah ikut berpartisifasi hingga  event ini bisa terlaksana dengan baik.

Sembari mengingatkan bahwa  Terbit Rencana PA SE dan H Syah Affandin SH, pada tanggal 20 februari nanti,  secara resmi akan dilantik sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Langkat, periode 2019 – 2024. Mari kita semua, untuk bersama  memberikan dukungan untuk menjadikan Langkat yang lebih maju dan sejahtera lahir dan batin.

“Pada dikesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang selama ini telah membantu kami dalam menjalankan tugas – tugas pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan. Serta saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan saya dalam bertugas sebagai Bupati Langkat,”tuturnya.

Ketua LPTQ Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM selaku Sekdakab Langkat, pada laporannya, mengucapakan terimakasih kepada Bupati Langkat atas dukungannya, hingga MTQ ke 52 ini dapat terselenggara dengan sukses.“Atas kepedulian ini, kami doakan agar Bupati Langkat beserta keluarga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah SWT,”sebutnya.

Selanjutnya Sekda menjelaskan, berdasarkan data yang terhimpun  pelaksanaan MTQ ini, terdiri dari official 23 kabupaten ditambah 1 kafilah khusus dari PT Langkat Nusantara Kepong  seluruhnya berjumlah 72 orang. Untuk jumlah peserta cabang tilawah anak – anak dan tartil 90 orang, remaja dan dewasa 94 orang, cabang hifzil quran  1juzz, 5 juzz, 10 juzz, 20 juzz  dan 30 juzz seluruhnya 166 orang, cabang fahmil quran  terdiri dari 44 group 22 PA/ 22 PI berjumlah 132 oarng, cabang syahril quran terdiri dari 46 group 24 PA/ 22 PI berjumlah 138 orang, cabang khattil quran 124 orang.

“Maka jumlah official dan peserta seluruhnya  816 orang, sedangkan untuk waktu pelaksanaanya  5 hari, dimulai senin 11 sampai 15 februari 2019,”paparnya.

Untuk dasar pelaksanaan, kata Sekda,  Surat Keputusan (SK) Bupati Langkat No: 451. 15 – 02 / K / 2019 tanggal 16 januari 2019 tentang panitia  penyelenggara MTQ ke  52 Kabupaten Langkat tahun 2019 dan keputusan Bupati Langkat No:451.15-02/K/2019 tanggal 16 januari 2019 tentang Dewan Hakim ke 52 Kabupaten Langkat tahun 2019.Camat Salapian Sinar SH selaku tuan rumah, mengaku, dilaksanakanya MTQ ke 52 di wilayahnya, adalah sebuah kehormatan. Kemudian ia mengatakan, bahwa penyelenggaraan bazzar pada event, yang diprakasi panitia kecamatan, bertujuan untuk menghidupkan perekonomian masyarakat serta upaya meningkatkan kehadiran para pengujung.

“Jika dalam penyambutan, atau ada tutur kata dan tingkah laku yang dirasa kurang berkenan, saya mewakili seluruh masyarakat Salapian, sebagai tuan rumah, memohon maaf kepada seluruh tamu undangan,”imbuhnya.

Acara tersebut juga dimeriakan dengan pengibaran bendera LPTQ oleh Paskibra dari pelajar Salapian, yang diiringi lagu  Hyme MTQ, Mars  MTQ dan Mars Langkat berserih  yang dibawakan oleh panduan suara pelajar Salapian, serta acara juga dimeriahkan dengan penampilan solawat badar oleh SKPD Pemkab Langkat.

Selain serah terimah piala bergilir MTQ Langkat, dari kafilah PT LNK kepada Bupati Langkat, yang kemudian diserahkan kepada ketua LPTQ Indra Salahudin. Bupati Langkat juga mendapatkan cendara mata dari SKPD yang diserahkan oleh Sekda, sebagai ungkapan terimakasih atas dukunganya dalam pelaksanaan MTQ ke 52.

Sebelumnya kegiatan tersebut, Bupati Langkat telah menerima rombongan pawai ta’aruf MTQ dan kemudian  melantik Dewan Hakim MTQ ditandai dengan pembacaan  Surat Keputusan (SK) Bupati Langkat No: 451. 15 – 02 / K / 2019 tanggal 16 januari 2019 .

Turut hadir Bupati Langkat dan Wakil Bupati Langkat 2019- 2024 Terbit Rencana PA SE dan H Syah Affandin SH beserta Ibu, pengurus LPTQ Langkat, ketua DPRD dan para wakil ketua DPRD Kabupaten Langkat serta segenap anggota DPRD, unsur Forkopimda plus Kabupaten Langkat, Dandim 0203/Langkat,Kajari Langkat, kepala BNN Langkat, Danyom Marinir Tangkah Lagan, para komandan satuan TNI / Polri, Delia Pratiwi Br Sitepu, SH anggota DPR - RI, Presiden Direktur PT. LNK beserta ibu atau yang mewakili  serta juga seluruh jajaran staf PT.LNK, ketua TP PKK  Langkat beserta unsur pengurus dan keanggotaan, H.M. Nur Abu Bakar beserta pimpinan RSU Putri Bidadari Firmansyah SE Mars,  para kepala SKPD serta Camat dijajaran Pemkab Langkat, Kakan Kemenag beserta kepala KUA Se-Kabupaten Langkat, ketua DWP  Langkat, ketua Ikatan Keluarga Dewan Pengurus Al – Hidayah dan organisasi wanita lainnya, ketua MUI Langkat serta tokoh agama dan pemuka masyarakat se Langkat, ketua DPD KNPI Langkat beserta Ormas keagamaan dan kepemudaan, seluruh dewan hakim MTQ ke – 52, Camat beserta unsur Forkopim dan seluruh Kades dan Kelurahan se – kecamatan Salapian, para peserta MTQ dari 23 Kecamatan serta kafilah khusus, seluruh unsur panitia penyelenggara baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, insan pers media cetak dan elektronik dan undangan lainnya.(Diskominfo)