Forum SKPD Pemkab Langkat, Bergulir “Diminta Musrembang Memperhatikan Visi Dan Misi Bupati”
05 Maret 2019 - 11:45:10 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat,(Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM,  membuka acara  forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (4/3).

Sekda pada sambutannya, menerangkan, from SKPD ini , sebagai rangkaian pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Langkat tahun  2019, guna menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat tahun 2020.

“Sebab Forum SKPD ini merupakan proses penyusunan berbagai program dan kegiatan, sebagai titik awal penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, yang akan disingkronisasikan lebih lanjut, pada penyusunan rancangan awal RPJMD Kabupaten Langkat tahun 2019-2024,”terangnya.

Maka, kata Sekda, dimintakan agar seluruh SKPD dapat melakukan evaluasi terhadap pelaksaan rencana strategis (Renstra) SKPD tahun 2014 – 2019, serta mempersiapkan formulasi program dan kegiatan, yang akan dituangkan dalam rencana strategis tahun 2019-2024.

“Serta memperhatikan kesinambungan penyelenggaraan pembangunan , agar proses Musrembang ini dapat memperhatikan visi dan misi Bupati Langkat priode 2019-2020 , sebagai salah satu acuan dalam penyusunan rencana program dan kegiatan TA 2020, agar proses tersebut sinergji dengan RPJMD yang sedang dalam proses penyusunan,”paparnya.

Sebab, lanjut Sekda, Musrembang merupakan instrument  proses perencanaan pembangunan, sehingga secara teknis, berbagai keputusan dalam melaksanakan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan, salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan daerah tersebut adalah forum SKPD.

Kepala Bappeda Langkat, H Sujarno SSos MSi, selaku penyelenggara Forum SKPD Langkat, pada laporannya, menjelaskan, Untuk  agenda Forum SKPD ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai tanggal 4 sampai 6 maret 2019. Untuk peserta kegiatan, terdiri dari ketua DPRD Langkat serta unsur pimpinan di jajaran DPRD Langkat serta anggota DPRD Langkat dan seluruh pimpinan OPD Pemkab Langkat dan Camat se Langkat.

“Sebelumnya kegiatan forum SKPD ini, diawali dengan Musrenbang di masing – masing Desa/Kelurahan dan Kecamatan,”sebutnya.

Maksud dan tujuan kegiatan ini, sambung Sujarno, untuk menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan yang bersumber dari hasil Murenbang Desa dan Kecamatan, yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan bersangkutan.

“Serta membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan yang belum tercakupo dalam prioritas kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan,”terangnya.

 Sembari menambahkan, setelah acara forum SKPD dibuka di Ruang Pola, Kemudain dilanjutkan di ruang rapat Bappeda.(Diskominfo)