Ibu Mentri Hukum Dan HAM RI Yasona Laoli Kunjungi Langkat “Ajak Masyarakat Tanam 2000 Pohon Mangrove”
11 Maret 2019 - 15:56:33 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Ibu Mentri Hukum dan HAM RI Yasona Laoli    secara langsung menghadiri kegiatan penanaman pohon Mangrove serentak, yang  bertema Perempuan Peduli Mangrove, di Lahan Mangrove Dusun VI Desa Slotong Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Wilayah Kawasan BKSD SM Gading Laut Timur Sumatera, Senin (11/3).

Ibu Yasona bersama rombongan datang kelokasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provsu, untuk melakukan penanam serentak 2000 pohon Mangrove.

Ibu Yasona Laoli pada kesempatan tersebut, mewakili Ibu Presiden RI, menyampaikan,  bahwa digelarnya kegiatan ini yang bertema Perempuan Peduli Mangrove, bentuk dari kepedulian dan perhatian  ibu Presiden yang sangat bersar, untuk menjaga kelestarian hutan Mangrove dan ekosistem yang berada di Kabupaten Langkat, khususnya Dusun VI Desa Slotong ini, dengan mengajak peran aktif kaum wanita, agar bersama-sama menjaga Magrove.

“Jadi yang mendasari dilakukan kegiatan ini, rasa kekhwatiran atas  kerusakan iklim laut dan maraknya abrasi,”sebutnya.

Untuk itu, Ibu Yasona, mengajak semuannya, untuk bersama menjaga hutan Mangrove, sebab fungsi hutan Mangrove sangat  besar manfaatnya bagi kehidupan semua makhluk. Seperti menjaga bioata laut, menahan abrasi laut, serta dapat meningkatkan pendapatan warga setempat dengan pariwisatanya.

“Untuk itu, semua elemen harus peduli mangrove, agar lahan dan iklim tetap bersahabat dengan manusia, saya juga  memohon kepada para petani dan  nelayan untuk saling menjaga dan melestarikan hutan Mangrove, di wilayah BKSDA SM. Gading Dusun VI Desa Slotong ini, tidak terkecuali bagi kaum wanita,”pungkasnya.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Asisten II Drs.Hermansyah, dikesempatan sama, atas nama Pemkab Langkat dan seluruh lapisan masyarakat Langkat, mengucapkan terima kasih atas perhatian ibu Ibu Yasona Laouli, yangtelah memberikan perhatiannya, untuk menjaga  kelestarian hutan Mangrove di wilayah Kabupaten Langkat.

“Demi kepentingan masa depan dan kelestarian hutan Mangrove ini, hal ini dilakukan Ibu Yasona, untuk itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih, atas kepeduliannya,”sebutnya.

sembari menambahkan, semoga kedatangan Ibu Yasona Laouli dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat Langkat, dalam menjaga hutan Mangrove.

Sebanyak 200  pohon Mangrove, ditanam secara simbolis oleh Ibu Yasona dan dikuti oleh Ibu Ketua Pembina Persit PD I Dam I/BB, Ibu Kosekhanudnas I Polonia, Ibu Dandim 0203/Lkt, Ibu Sekjen KLHK, Ibu Pangdam I/BB Ketua PD I, Ibu Gubernur Sumut Ny Edi Rahmayadi, Dandim 0203/Lkt Letkol Inf Syamsul Alam SE, Kadis Pertanian Kab. Langkat Sdr. Nasrudin, SP, Staf Ahli Bidang SDM Amir Hamzah, Waster Kasdam I/BB Letkol Inf Azhari, Wakil Ketua penggerak PKK Kab. Langkat, Kadis LHK Pemkab. Langkat  Iskandar Tarigan, Pegawai LHK Sumut, Ibu Persit Kodim 0203/Lkt, Personil TNI, personil Kodim 0203/Lkt, Yonif 100/R, Yon Arhse 11/BS, Yon 8 Marinir dan Yon Paskhas,  masyarakat dan  nelayan 200 orang serta para pelajar dan pramuka dari SMA I Secanggang.

Selebihnya bibit pohon Mangrove, diberikan kepada Petani dan Nelayan Dusun VI Desa Slotong Kecamatan Secanggang, untuk selanjutnya ditanam seluruhnya.(Diskominfo)