Gelar Pentas Seni Budaya, Pavaliun Langkat Ramai Dikunjungi
12 Maret 2019 - 16:09:21 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Medan, (Diskominfo)

Kali ini ada yang spesial di Paviliun Kabupaten Langkat, karena pada malan keempat, setelah dibukannya Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke 48 tahun 2019, oleh Gubsu H Edy Rahmayadi pada Jumat (8/3/2019) lalu, di Kompleks Tapian Daya Jalan Gatot Subroto Medan.

Spesialnya, karena Paviliun Langkat menggelar  pentas seni budaya dengan mempertunjukan berbagai jenis tarian daerah dan seni budaya lainnya, dipersembahkan oleh Wahana Mahardika dari Kecamatan Selasai, Kabupaten Langkat.

Seni Budaya yang ditampilkan diantaranya adegan tari Reok Ponorogo, tari sembur api serta  tarian adat Melayu dan tarian seni budaya dari adat lainnya, yang di berangkat dengan banyolan - banyolan lawak, banyak menyedot perhatian pengujung PRSU.

Ditampilkan di depan Anjungan Paviliun Stand Kabupaten Langkat, Senin malam Selasa (12/3/2019).

Bupati Langkat Terbit Rencana PA diwakili Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, yang pada malam itu berada dilokasi, mengatakan, pagelaran pentas seni ini, biasanya hanya ditampilkan pada Open Stage PRSU, namun ditahun ini Pemkab Langkat sengaja menampilkannya di depan Paviliun.

“Tujuannya, selain untuk meramaikan Paviliun Pemkab Langkat, juga untuk menghibur pengujung PRSU, serta upaya Pemkab Langkat untuk melestarikan dan memperkenalkan seni budaya kepada para generasi Bangsa,”sebutnya.

Harapannya, kata Sekda, dengan ditampilkan seni budaya depan Paviliun ini, dapat dilihat oleh banyak pengujung, sehingga keindahan tariannya, dapat menarik perhatian banyak kalangan, dengan begitu para pencinta seni budaya tarian daerah ini, selalu ada.

“Para pengujung PRSU kan banyak didominasi oleh kaum muda, jadi jika mereka sudah pernah melihat, pasti akan kagum dengan keindahannya, kekagumannyakan  menimbulkan cintai, jika sudah cinta pasti mereka akan menjaganya, dengan begitu budaya ini pasti tidak akan punah ditelah oleh zaman,”ujarnya.

Kabag Perekonomian Pemkab Langkat, H Sutrisuanto S.Sos MSP, di kesempatan sama, menerangkan, bahwa penampilan malam pentas Seni Budaya Langkat terjadwal pada 11 April 2019, yang  biasanya ditampilkan pada Open Stage PRSU.

Selain itu, sambung Sekda, Paviliun Langkat juga mempromosikan semua tempat wisata yang ada di Langkat berserta keindahan alam dan keunngulannya, tujuannya untuk menarik wisatawan, sehingga  dapat meningkatkan PAD Pemkab Langkat.

“Diataranya tepat wisata Langkat yang terkenal, Tangkahan, Air Terjun Pantai Salak, Air Terjun Glugur, Air Terjun Saringgana, Bukit Lawang Ecotourism dan Ecoproject, Sungai Landak Bahorok, Wisata Batu Katak, Air Panas Simolap, Rumah Pohon Habitat, Lau Kulap serta lainnya,”sampainya.

Selanjutnya Ia mengatakan, banyak pengujung PRSU milihat seni budaya ini, sehingga membuat Paviliun Kabupaten Langkat menjadi ramai.

“Walaupun cuaca tidak mendukung dengan turunnya hujan, namun para pengunjung tetap ramai ke Paviliun Langkat, untuk melihat pentas seni budaya ini. Mereka terpukau dengan penampilannya,”pungkasnya.

Turut hadir  Ketua DPRD Langkat Surialam SE, dan sejumlah Anggota DPRD Langkat lainnya, diantaranya H. Ajai Ismail, H. Arba'i Fauzan, Asisten II Drs.H.Hermansyah, Staf Ahli Drs. Amir Amzah. MSi, sejumlah kepala OPD Pemkab Langkat, diantaranya Kadis Kominfo H. Syahmadi MSP, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Nasirudin. SP,  wakil ketua TP PKK Langkat Ny Syah Afandin, tokoh masyarakat Langkat dan masyarakat Langkat lainnya.(Diskominfo)