Pemkab Langkat Gelar Upacara HKN “DISHUB Diminta Tingkatkan Keselamatan Tranportasi Darat Dan Laut”
18 Maret 2019 - 17:33:59 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Dinas Perhubungaan (DISHUB) Kabupaten Langkat diintruksikan, berkordinasi dengan Satlantas Polres Langkat serta pihak terkait, untuk meningkatkan keselamatan  transportasi, baik jalur darat maupun laut, diwilayah Kabupaten Langkat.

Disampaiakan Bupati Langkat Bupati Langkat Terbit Rencana PA, melalui Asisten II Ekbangsos Drs Hermasyah, saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) dijajaran Aparatur Negri Sipil (ASN) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (18/3).

Selanjutnya, Hermasyah menerangkan, peningkatan keselamatan transportasi tersebut, dengan menjaga dan melakukan fungsi pengawasan dan pengaturan arus lalu lintas secara baik dan teratur, dengan melaksanakan pengamanan arus lalu lintas pada titik-titik rawan kemacetan,  serta melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat pengguna arus lalu lintas, baik darat dan laut.

“Hal ini agar masyarakat memahami dan mematuhi peraturan UU no 22 tahun 2009 tetang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), sehingga mewujudkan  rasa nyaman dan aman kepada seluruh pengguna jalan saat berkendara,”sampainya.

Selain itu, Hermasyah juga mengatakan, diperlukan upaya- upaya dalam meningkatkan fungsi pengawasan dan pengaturan jalan, dengan melakukan perawatan dan perbaikkan marka jalan, rambu-rambu lalu lintas dan alat pemberi isyarat lalu lintas. Serta  melakukan perbaikan fasilitas dermaga tempat bersandar kapal penumpang, dan  melakukan fungsi pengawasan terhadap perlengkapan keselamatan yang ada di dalam kapal angkutan barang maupun kapal angkutan penumpang umum.

 “Hal ini untuk kelancaran, ketertiban dan  keamanan penyelenggara transportasi, sebab keselamatan dalam mengunakan trasportasi lalu lintas baik didarat maupun dilaut,  merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat ditawar lagi,”tegasnya.(Diskominfo)