Internet Adalah Dunia Permanen, Tidak Ada Hal Yang Kita Hapus Benar-benar Hilang. Semuanya Akan Meninggalkan Jejak Digital. Selamat Merenungi, Mari Menjadi Warganet Yang Bijak Dan Smart.
21 Maret 2019 - 06:18:24 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Dalam mengumpulkan informasi tentang seseorang (profiling) sangat mudah dilakukan dengan hanya memantau secara online. Lokasi kantor, anggota keluarga, makanan kesukaan, selera musik, aktivitas dan keseharian kita, juga segala hal yang kecil yang kita bagikan dan lakukan secara online, akan meninggalkan jejak digital yang dapat dirangkum untuk mengenali karakter anda.
Tidak hanya itu, kita kerap mengunggah opini kita secara online, mulai curhatan hingga umpatan. Suatu hari kita menyesali dan menghapusnya. Kiriman yang kita unggah, baik itu tulisan, foto, video dan lain-lain, meskipun kita hapus akan meninggalkan jejak digital yang tidak terlihat secara visual.
Jejak digital dapat berupa kode-kode program yang dapat dikontruksikan ulang menjadi kiriman yang pernah anda unggah dan hapus tadi, lengkap dengan riwayat pengunggahan dan informasi pengunggahannya.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam membagikan informasi di dunia maya. 
Internet adalah dunia permanen, tidak ada hal yang kita hapus benar-benar hilang. Semuanya akan meninggalkan jejak digital. Selamat merenungi, mari menjadi warganet yang bijak dan smart.

Sumber: akun resmi IG Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)