Polres Langkat Gelar Apel Pengamanan Pemilu Tahun 2019
22 Maret 2019 - 16:37:47 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos Drs H Hermansyah MIP, menghadiri gelar apel pengamanan Pemilu tahun 2019 yang di selenggarakan oleh Polres Langkat, di lapangan Jananuraga Mapolres Langkat,Jumat (22/3).

Apel ini dalam rangka pengamanan menghadapi Pemilu, dengan tema tingkatkan sinergitas TNI- POLRI dengan komponen bangsa lainnya guna mewujudkan Kamdagri yang kondusif, dipimpin Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan dan Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Syamsul Alam.

Komandan Kodim 0203 Langkat Letkol Inf Syamsul Alam yang didampingi Kapolres Langkat AKBP Doddy Hermawan membacakan amanat tertulis Menkopolhutkam RI Wiranto, mengatakan,  Pemilu serentak ini merupakan kesempatan berharga bagi rakyat Indonesia untuk memilih calon anggota legeslatif yang akan memperjuangkan aspirasi rakyat,  sekaligus sarana untuk memilih pemimpin nasional guna mewujudkan cita cita nasional bangsa Indonesia.

“Untuk itu, sukses atau tidaknya perhelatan demokrasi ini sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,”sebutnya.

Selain itu, sambung Dandim, Pemilu ini juga merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah, karena dilaksanakan serentak yakni lima jenis pemilihan dalam waktu yang bersamaan. Maka akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan dunia internasional.

 “Terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokrasi dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya,”pungkasnya.

Selanjutnya, Dandim menerangkan, bahwa TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya Pemilu serentak tahun 2019. Maka institusi ini dapat  mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan.

“Sebab tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu,”tegasnya.

Dandim juga mengingatkan, agar seluruh prajurit TNI-Polri yang terlibat dalam tugas pengamanan Pemilu, mempedomani seluruh prosedur tetap yang berlaku sehingga tindakan yang dilakukan senantiasa terukur sesuai aturan hukum.

Diakhir pelaksanaan apel gelar pasukan perwakilan TNI, Polri dan komponen masyarakat membacakan ikrar anti hoax dan ujaran kebencian dilanjutkan dengan pengecekan kendaraan dinas kepolisian.

Usai gelar apel, Hermasyah menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Langkat dari berbagai profesi organisasi serta  masyarakat yang berada dipolosok perdesaan, untuk bersama menjaga kekondusifan serta kenyamanan, situasi di Langkat.

“Mari seluruh masyarakat Langkat, untk saling gotong royong menjaga ketentraman, baik saat menjelang Pemilu mapun hari H Pemilu serta pasca Pemilu,”imbuhnya.

Hadir pada apel tersebut antara lain tim Baharkam Polri di pimpin Kombes Pol Yulza Sulaiman, Ketua PN Stabat R. Aji Suryo, Kepala BNN Langkat AKBP Ahmad Zaini, Danyon Infantri 8 Marinir Tangka Lagan Letkol Mar Danang Ari Setiyawan, Ketua DPRD Langkat Surya Alam, Ketua KPU Langkat Sopian Sitepu, mewakili Bawaslu Langkat, Ketua PWI Langkat Hery Putra Ginting, Ketua KNPI Langkat Rizky Younanda Sitepu, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Langkat, para Kabag, Kasat, Danramil dan Kapolsek.(Diskominfo)