PKK Langkat Gelar Pertemuan Bulanan Di Pangkalan Susu Ny Tiorita Minta PKK Paparkan Laporan Di Papan Data
28 Maret 2019 - 15:36:40 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Langkat, (Diskominfo)

Ketua TP PKK Kabupaten Langkat Ny Tiorita Terbit Rencana PA, menghadiri pertemuan bulanan PKK Kabupaten Langkat, bertempat di Kolam Renang Sam Tirta, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Kamis (28/3/2019).

Kedatangannya didampingi oleh penasehat PKK Langkat, Ny Nuraidah Ngogesa dan wakil ketua TP PKK Langkat, Ny Endang Syah Afandin beserta pengurus TP PKK Langkat lainnya.

Ny Tiorita pada bimbingan dan arahannya, selain berharap,  diawal pertemuan dikepemimpinanya ini, menjadi pertemuan ikatan pesaudaraan, yang dilandasi tanggung jawab, terhadap fungsi dan kewenangan dalam wadah organisasi PKK.

Juga mengingatkan, agar para ketua TP PKK Kecamatan yang Desanya menjadi  Desa percontohan, agar membenahi papan data laporan PKK di Kecamatan masing – masing, karena tim penilaian provinsi akan turun ke lokasi, menilai kecamatan tersebut. Selain itu, dihimbau, kepada ketua TP PKK Kecamatan agar mengaktifkan kembali kelompok – kelompok PKK Dusun, Lingkungan dan juga  Desa Wisma.

“Serta diintruksikan kepada ketua TP PKK Kecamatan, agar menyampaikan kepada ketua TP PKK Desa, untuk melaksanakan pelatihan  kelompok Desa Wisma bagi yang belum melaksanakan,”sebutnya.

Selanjutnya, Ny Tiorita menjelaskan, mengapa  harus memiliki papan data, baik  tentang laporan program kerja maupun laporan hal lainnya yang sesuai ketentuan, tujuannya sebagai dasar  melakukan evaluasi  serta memudahkan untuk memantau program kerja, sebab tanpa data menyebabkan buta terhadap rencana maupun hasil kerja yang dilakukan.

“Maka papan data yang memuat laporan kegiatan, menjadi keharusan untuk setiap pengurus PKK  di Desa dan Kecamatan, saya minta dimulai bulan depan, setiap kunjungan pertemuan, sudah terlihat papan dimkasud, untuk bahan evaluasi,”pungkasnya.

Kemudian, Ny Tiorita, mengatakan, saat ini Desa telah mendapatkan kucuran DD maupun ADD, bagi peningkatkan perekonomian warga Desa. Untuk itu  dirinya mengharapkan Kades dan ketua PKK Desa, memprogramkan pelatihan Dasawima bagi keanggotaan PKK Desa.

“Hal ini diperlukan, sebab kelompok Dasawisma sangat menentukan maju mundurnya program PKK disuatu Desa/Kelurahan,”terangnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan pelatihan Dasawisma dapat menangani  permasalahan kesehatan ibu dan anak, rawan pangan dan kekurangan gizi, anak putus sekolah, serta masalah sosial lainnya. Dengan demikian, kehadiran PKK  mampu meminimalisir dan  mengatasi masalah tersebut.

Sembari meminta agar disetiap Kecamatan, maupun Desa/Kelurahan, membentuk lingkungan percontohan di bidang tertentu, yang setiap tahun dihunjuk  bergilir,  agar semua Desa/Kelurahan mau berbenah guna kebaikan masyarakat sekitar.

Camat Pangkalan Susu, T Fahrizal Azmi S.Sos , selaku tuan rumah, mengucapkan terimkasih atas kedatanag Ny Tiorita beserta rombongan, semoga  dapat memotivasi PKK Pangkalan Susu, dalam pelaksanan program kegiatan PKK di kehidupan masyarakat, terutama untuk meningkatkan pengetahuan partisifasi dan kesejahteraan keluarga, terkhusus kaum ibu dan anak.

“Kami juga memohon maaf, jika ada yang salah disana sininya, baik penyedian tempat maupun tuturkata dalam menyapa,”imbuhnya.

Untuk diketahui, PKK Langkat memberikan santunan tali asih kepada 10 anak yatim pada acara tersebut.

Turut hadir unsur pengurus TP PKK Langkat, Forkopim Kecamatan Pangkalan Susu, Kades/Lurah beserta perangkat Desa/Kelurahan se Kecamatan Pangkalan Susu, ketua dan pengurs TP PKK Pangklan Susu, pemuka agama/masyarakat dan pemuda, masyarakat dan undangan lainnya.(Diskominfo)