Kemendikbud RI Gelar Gebyar Pendidikan Di Langkat "Langkat Terima Bantuan Sebesar Rp 502 Miliyar"
31 Maret 2019 - 12:46:48 WIB,    yuda - DISKOMINFO

Stabat, (Diskominfo)

Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat,  menerima bantuan sebesar Rp502 miliyar dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)  Republik Indonesia (RI). 

Bantuan diterima langsung oleh Bupati Langkat Terbit Rencana PA dari Sekjen Kemendikbud  Didik Suhardi Ph.D,  yang diberikan secara simbolis,  pada kegiatan gebyar pendidikan Kemendikbud di Kabupaten Langkat tahun 2019, di Alun- Alun T Amir Hamzah Stabat,  Langkat,  Minggu (31/3). 

Sekjen Kemendikbud,  pada sambutannya, mengaku sangat takjub atas partisipasi kehadiran ribuan peserta dan penyelenggaraan pendidikan di Langkat,  pada acara gebyar ini. 

"Kami sangat bangga serta mengapresiasi kegiatan ini terselenggara di Langkat, " sebutnya. 

Dirinya meyakini di bawah kepemimpinan Terbit Rencana,  pendidikan Langkat akan semakin maju dan  berkembang,  dengan melahirkan generasi bangsa yang cerdas dan berkualitas. 

"Sehingga mampu mendorong perkembangan pembangunan Indonesia,  secara cepat,  khususnya di wilayah Langkat, " terangnya. 

Atas penilaian tersebut,  kata Didik Suhardi,  Kemendikbud mendukung penuh untuk kemajuan pendidikan di Langkat,  dengan menyelenggarakan gebyar di Langkat dan memberikan bantuan untuk pendidikan Langkat sebesar Rp502 miliyar. 

"Semoga bantuan ini,  membantu percepatan pembangunan pendidikan di Langkat, " pungkasnya. 

Bupati Langkat,  di kesempatan sama, mengucapkan terima kasih kepada Presiden dan  Kemdikbud RI,  atas dilaksanakannya gebyar pendidikan di Langkat,  serta  bantuan porsi alokasi anggaran dana pendidikan yang besar untuk Langkat. 

"Kami yakin kegiatan dan bantuan ini,  menjadi motivasi untuk terus memajukan sektor pendidikan di Langkat,  berserta fasilitas yang meliputinya," yakinnya. 

Bupati juga mengajak para guru maupun peserta didik,   meningkatkan daya juang, baik untuk memberi dan menuntut ilmu,  guna kejayaan bangsa dan negara.

Kadis Pendidikan Langkat, DR H Saiful Abdi SH SE Mpd, selaku ketua panitia acara,  menerangkan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemajuan pendidikan di Langkat,  bagi semua tingakatan  pendidikan.

"Mulai dari Paud, TK, SD, SMP dan SMA sederajat, " paparnya.

Selain itu, kata Abdi, bertujuan untuk pemerataan  mutu pendidikan diseluruh daerah pinggiran kota, agar kemajuan pendidikan  merata hanya di perkotaan saja.

"Dengan upaya ini, semoga  generasi Langkat menjadi unggul, dengan mampu menjuarai Olimpiade Sains tingkat nasional dan internasional," harapnya.

Pada kegiatan, juga dilaksanakan pemberian hadiah kepada siswa /siswi berprestasi tingkat SD dan SMP, pada juara I, II dan III pada Olimpiade Sains Nasoinal (OSN) tingkat Kabupaten Langkat tahun 2019, berupa tropy dan piagam oleh Bupati Langkat,  serta diberikan laptop bagi juara I. 

Serta penyerahan sovenir  oleh Bank Sumut Cabang Stabat,  dan diberikan hadiah beasiswa khusus juara I,  untuk SMP Rp 1,5 juta dan SD Rp 1 juta. 

Selain itu Bank Sumut juga menyerahkan dana CSR tahap 2, serta bantuan mck / wc kepada 20 sekolah tahun 2019, sebesar Rp 10 juta persekolahan. 

Kemudian penyerahan Kartu Indonesia Pintar ( KIP)  oleh inspektur jendral Kemendikbud RI Prof Dr Mukhlis Rantoni Luddin kepada sejumlah  pelajar Langkat,  secara seremonial. 

Serta dilanjutkan penyerahan cenderamata plakat oleh Sekjen Kemendikbud kepada Bupati, dan sebaliknya.

Acara juga dimeriahkan dengan undian door prize dengan berbagai hadiah utama 2 unit sepeda motor honda, 5 unit laptop, 10 buah sepeda gunung dan hadiah hiburan lainnya. 

Turut hadir rombongan Kemendikbud RI, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, Kadis pendidikan Pemprovsu, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Langkat,para pimpinan OPD Pemkab Langkat,para pejabat sipil dan TNI/Polri, ketua TP PKK Langkat berserta pengurus,  ketua DWP Langkat beserta pengurus, para guru yang  tergabung dalam PGRI, para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA se Langkat dan undang lainnya. (Diskominfo)